3 Fakta Penting Tragedi Lomba Makan KFC Yang Harus Kamu Tahu!

109

Lomba Makan KFC – Fredy Jayadi (45) meninggal saat mengikuti lomba makan ayam di KFC Duri Kosambi, Jakarta Barat. Lomba makan ayam 5 menit berhadiah Rp5 miliar, meninggal dunia akibat tersedak, di gerai KFC Taman Semanan, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (11/3).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Didik Sugiarto mengatakan, korban atas nama Fredy Jayadi (45) warga Jalan Angsoka Hijau V Blok R 7 Nomor 27 Perumahan Kosambi Baru, Jakarta Barat.

“Korban meninggal dunia dalam acara perlombaan makan 5 menit berhadiah Rp 5 miliar, di KFC Taman Semanan. Kejadian sekitar pukul 14.02 WIB,” ujar AKBP Didik Sugiarto.

Berikut 3 Fakta Penting Dari Lomba Makan KFC Yang Berujung Maut

Tak Ada Tim Medis Saat Lomba

Kasat Reskrim Jakarta Barat  AKBP Didik Sugiarto usai olah TKP di lokasi kejadian, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (12/3/2016) mengungkapkan fakt bahwa tak ada tim medis saat lomba makan KFC.

“Salah satu temuan dari hasil olah TKP kedua dalam penyelenggara lomba makan cepat KFC ini. Penyelenggara tidak siapkan tim medis saat terjadi peristiwa. Terhadap korban tindakan medis dilakukan pantia yang tidak memiliki pengetahuan atas tindakan medis,” ujar Kasat Reskrim Jakarta Barat  AKBP Didik Sugiarto usai olah TKP di lokasi kejadian, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (12/3/2016).

Penyelidikan, kata Didik sebagaimana dilansir detik, masih terus dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian. Tim masih mengumpulkan fakta dan saksi di lapangan.

“Kita dapat informasi penyelenggara bukan hanya di sini tapi juga diselenggarakan di Jawa dan Bali. Hal ini tentu akan kita dalami juga,” tuturnya.

Didik mengatakan hingga kini polisi belum ambil kesimpulan dari temuan fakta di lapangan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi yang memberikan izin penyelengaraan.

“Kita koordinasi terkait instansi terkait yang membidangi, apabila ada lomba kelenggkapan apa saja yang harus dilengkapi oleh penyelenggara,” pungkasnya.

Lomba Jalan Terus Saat Ferdy Meninggal

Informasi soal kelanjutan lomba disampaikan akun twitter resmi perlombaan itu, @Menang5Miliar, yang dikutip detikcom, Sabtu (12/3/2016). Akun itu terhubung dengan situs resmi lomba www.menang5miliar.com.

Ada yang bertanya soal kelanjutan lomba lewat akun twitter itu, admin lalu menjawab bahwa perlombaan tetap dilanjutkan.

“Masih kak :),” demikian kicau akun itu menjawab pertanyaan apakah lombanya masih dilanjutkan.

menang5milyar

Polisi saat ini tengah melakukan penyelidikan. Saksi-saksi dari pihak penyelenggara dan KFC dipanggil untuk dimintai keterangan terkait kematian warga Perum Kosambi Baru itu.

“Saat ini sedang diminta keterangan 11 saksi terdiri dari EO (event organizer), pihak KFC, peserta, penonton,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat AKBP Didik Sugiarto.

Tak Boleh Ada Minum di Meja

Mega seorang peserta menceritakan kejadian sebagaimana dilansit detik, dia mengikuti lomba di restoran KFC Mal Arion Rawamangun, Jumat (11/3/2016). Lomba itu digelar pukul 13.30 WIB serentak dengan seluruh peserta se Jawa-Bali hari itu.

“Di tempat itu kita lomba dua orang. Panitianya ada 4 orang, anak muda sekitar 17 atau 18 tahun,” kata Mega saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (12/3/2016).

Mega mengaku hanya diminta menunjukkan lembar pendaftaran. Panitia tidak ada memberi penjelasan lainnya. Termasuk kolom pertanyaan kondisi kesehatan peserta juga tidak ditanyakan panitia. Tidak ada petugas medis di lokasi lomba.

“Ternyata enggak ada briefing, dia (panitia) langung nyuruh kita duduk, pas duduk dia cuma bilang ‘ayamnya harus kulit sama daging yang habis (dimakan), kalau tulang muda enggak usah dimakan,” ucap Mega.

Selain itu, Mega mengatakan, panitia tidak menyediakan air minum untuk peserta. Peserta akhirnya membawa air minum sendiri.

“Terus dia bilang enggak boleh taruh minum, dari panitia pusat enggak boleh minum, dilarang minum kecuali emergency. saya lihat di webnya, memang boleh minum tapi kalau emergency,” tutur warga Pulogadung, Jakarta Timur itu.

Mega menceritakan, panitia juga tidak ada memberikan air minum ke peserta. Panitia hanya memotret dan menghitung durasi yang digunakan peserta dalam melahap ayam.

“Saya 3 menit 19 detik. Yang menang kemarin saya lihat di web, ada 56 detik,” katanya.

Berita Terkait

Lomba Makan KFC Bikin Peserta Tewas? Ini Penyebabnya Yang Harus Kamu Tahu

Agen Poker
Loading...