Lomba Makan KFC Bikin Peserta Tewas? Ini Penyebabnya Yang Harus Kamu Tahu

95

Lomba Makan KFC – Memerlukan daya tahan kuat dalam Adu kecepatan dalam sebuah kompetisi. Selain cepat, peserta juga harus mengenal batas dari dirinya sendiri. Berita menghebohkan datang dari Lomba Makan KFC di Cengkareng yang Tewaskan Peserta.

Fredy Jayadi (45) meninggal saat mengikuti lomba makan ayam di KFC Duri Kosambi, Jakarta Barat. Lomba makan ayam 5 menit berhadiah Rp5 miliar, meninggal dunia akibat tersedak, di gerai KFC Taman Semanan, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (11/3).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Didik Sugiarto mengatakan, korban atas nama Fredy Jayadi (45) warga Jalan Angsoka Hijau V Blok R 7 Nomor 27 Perumahan Kosambi Baru, Jakarta Barat.

“Korban meninggal dunia dalam acara perlombaan makan 5 menit berhadiah Rp 5 miliar, di KFC Taman Semanan. Kejadian sekitar pukul 14.02 WIB,” ujar AKBP Didik Sugiarto.

Dikatakan Didik, kronologi kejadian bermula ketika panitia lomba makan sayap ayam KFC 5 menit berhadiah Rp5 miliar mengadakan lomba sekitar pukul 14.00 WIB.

“Pesertanya ada tiga orang, satu diantaranya korban. Setiap peserta diberi tiga potong sayap ayam KFC. Siapa tercepat menghabiskan tiga potong ayam itu menjadi pemenang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada saat kejadian korban telah menghabiskan ayam ketiganya. Namun, tiba-tiba korban tersedak dan langsung minum air putih.

“Kemudian, korban langsung diberi pertolongan dibawa ke klinik Yasa Husada Jalan Pulo Indah, Duri Kosambi,” katanya.

Tragis, ketika dokter jaga mengecek korban dinyatakan sudah meninggal dunia.

“Dokter menyatakan nyawa korban tidak tertolong. Selanjutnya korban dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk diautopsi,” tandasnya.

Cara Penanganan Saat Tersedak Menurut Spesial THT

dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta mengatakan, potensi terjadinya tersedak sebenarnya bergantung kepada tiga hal: refleks batuk dari yang bersangkutan, banyaknya makanan atau minuman yang masuk, dan kecakapan orang-orang di sekitarnya.

Refleks batuk memang bisa saja tidak muncul karena kondisi tertentu. “Contohnya pada orang dewasa yang stroke. Terjadi kelumpuhan saraf dan mungkin yang kena saraf adalah tenggorokannya sehingga terjadi gangguan menelan,” terangnya.

Kemungkinan kedua adalah bila didapati benjolan atau tumor di sekitar tenggorokan, maupun keadaan fisik yang sangat lemah akibat sakit parah sehingga untuk menelan pun sulit.

Namun bila yang bersangkutan makan dalam porsi besar sambil berbicara atau melakukannya secara tergesa-gesa, tersedak bisa saja terjadi. Andai saja besaran makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh tidak banyak, tersedak yang berakibat fatal mungkin tidak akan terjadi.

“Problemnya, kalau mengunyah sambil bersuara atau tergesa-gesa, maka potensi terjadi salah masuk semakin besar,” kata dr Agus kepada detikHealth, Sabtu (12/3/2016).

Yang ketiga, orang-orang di sekitar korban harus tahu apakah yang bersangkutan tersedak atau hanya salah makan. “Harus dilihat dulu, dia ada refleks batuk atau tidak. Kalau tidak, berarti makanan sudah masuk ke saluran makan tetapi mungkin tidak lancar, tapi kalau sudah batuk itu sudah pasti tersedak dan harus segera ditangani,” tegasnya.

dr Agus menambahkan, pemberian air minum bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi tersedak. Air minum hanya bisa dipakai untuk melancarkan makanan yang masuk ke saluran makanan tetapi sambil bicara atau tergesa-gesa tadi atau istilah populernya keselek.

Tetapi tersedak harus diberikan pertolongan pertama yang disebut dengan Heimlich Maneuver. “Si penolong berdiri di belakang korban. Kedua tangan dilingkarkan di atas perut korban, dengan tangan kanan mengepal dan tangan kiri menggenggam tangan kanan. Lalu hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar,” urai dr Agus.

Dikutip dari Mayo Clinic, cara ini merupakan standar penanganan internasional untuk tersedak. Hentakan dilakukan sebanyak lima kali dan jika makanan tidak keluar saat itu juga, manuver itu sebaiknya diulangi sekali lagi.

“Bisa juga dilakukan pemukulan. Punggung korban dipukul dengan satu tangan terbuka sebanyak lima kali agar makanannya keluar,” pungkasnya.

Agen Poker