7 Tips Dasar Merawat Kesehatan dan Keindahan Rambutmu!

85

Merawat Rambut – Apakah rambut Anda Kering? Rontok? pilihan tepat untuk Anda yang berkunjung ke artikel ini. Bagi wanita, rambut adalah hal utama yang perlu diperhatikan selain make up dan penampilan berbusana. Make up tebal dan busana yang fashionable tidak akan berarti apa-apa ketika rambutmu kering, kusam, rusak, dan sulit diatur.

Namun ternyata, masih banyak wanita yang keliru ketika melakukan perawatan rambut. Apapun jenis rambutmu, ada hal-hal dasar yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Dan berikut ini adalah tips dasar merawat kesehatan rambut yang benar. Dengan rambut sehat Anda dengan mudah bisa mengikuti tren gaya rambut masa kini.

1. Mencuci Rambut dengan Benar

Kamu tidak perlu mencuci rambut setiap hari, karena membasahi dan mencuci rambut tiap hari justru akan menghilangkan kelembaban alami rambut sehingga rambutmu jadi kering dan kusam.

  • Cara mencuci rambut yang benar adalah dengan memijat kulit kepala dengan shampoo. Pijatlah dengan lembut kulit kepalamu dengan menggunakan ujung jari bagian bawah agar sirkulasi darah dikepala menjadi lancar dan untuk menghilangkan ketombe.
  • Jangan menggosok kulit kepala terlalu keras, apalagi menggunakan ujung kuku, karena akan membuat rambutmu patah dan rontok. Pijat kulit kepalamu setidaknya selama 40 detik sebelum membilas rambut.
  • Ketika mengaplikasikan conditioner, cukup ratakan dari tengah rambut (sekitar 1cm dari kulit kepala) sampai ujung rambut. Jika ujung rambutmu kasar karena pelurusan/pengeritingan/pewarnaan, berikan lebih banyak conditioner pada ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 2 menit sebelum membilas rambut dengan air bersih.
  • Jangan mengaplikasikan conditioner sampai ke kulit kepala dan mendiamkan terlalu lama karena akan menyebabkan ketombe.
  • Cucilah rambutmu dengan air dingin, atau setidaknya lakukan pembilasan terakhir dengan air dingin. Hal ini untuk menutup kutikula rambut (bagian terluar dari batang rambut) dan mengunci kelembabannya, sehingga rambut akan lebih lembut dan berkilau.
  • Kamu boleh mencuci rambutmu dengan air hangat sesekali jika rambut terlalu kotor atau berminyak. Tetapi jika dilakukan terlalu sering akan membuat rambutmu rapuh dan rusak.

 

2. Hati-Hati Ketika Mengeringkan Rambutmu

Alat pengering rambut bisa memberikan hasil yang lebih indah jika kamu menggunakannya dengan tepat dibandingkan dengan mengeringkan rambut secara alami (membiarkannya kering dengan sendirinya).

  • Ketika kamu menggunakan hair dryer, atur pada pengaturan ‘dingin’ dan jaga jarak alat pengering dari rambutmu supaya tidak terlalu dekat agar rambutmu tidak terkena panas dari alat pengering. Jika rambut yang basah setelah keramas terkena panas dari alat pengering, maka air pada rambut akan mendidih dan merusak rambutmu. Jika hal ini terjadi terlalu lama dan terlalu sering maka rambutmu akan cepat menua.
  • Jangan memeras rambut dengan handuk. Rambut yang basah biasanya lebih rapuh, dan memerasnya dengan handuk akan membuatnya patah dan rontok.
  • Sebelum mengeringkan rambut dengan hair dryer, jangan lupa untuk menyemprotkan serum pelindung panas kepada rambut. Lakukan juga pada saat kamu ingin meluruskan atau mengeriting rambut dengan catok.

 

3. Jangan Menyisir Rambutmu Dalam Keadaan Basah

Setelah selesai keramas, jangan langsung menyisir rambutmu jika belum dalam keadaan benar-benar kering atau setidaknya setengah kering. Rambut menjadi lebih elastis dalam keadaan basah, itu artinya rambutmu akan lebih mudah patah dan rontok jika kamu menyisirnya setelah keramas tanpa mengeringkannya terlebih dahulu.

  • Pilihlah sisir dengan gigi yang besar dan berjarak renggang untuk menyisir rambut yang masih setengah basah. Setelah kering, sisirlah rambutmu dengan sisir yang berbulu halus. Jangan menggunakan sisir yang bergigi kasar dan tajam, karena akan melukai kulit kepala dan menarik akar rambut sehingga menyebabkan kerontokan.
  • Jangan pula menyisir rambutmu terlalu sering, karena sebenarnya terlalu sering menyisir rambut justru akan merusak rambutmu.

 

4. Manjakan Rambutmu dengan Perawatan Khusus Sesekali

Jangan malas untuk menggunakan conditioner saat keramas. Beberapa orang mengatakan bahwa rambut lebih cepat lepek dan kotor jika keramas menggunakan conditioner. Hal itu cukup wajar karena conditionermembuat rambutmu menjadi lebih lembab sehingga keringat dan debu lebih cepat menempel pada rambut.

Tetapi bukankah itu lebih baik daripada membiarkan rambut kering, kasar, dan rusak akibat terkena sinar matahari dan polusi tanpa perawatan dan perlindungan?

  • Sesekali rawatlah rambutmu dengan masker rambut yang mengandung minyak zaitun, alpukat atau minyak kelapa agar rambut tetap lembab dan berkilau.
  • Kamu bisa mencoba membuat campuran masker untuk rambutmu dengan menggunakan minyak zaitun, telur, dan mayonnaise, atau dengan susu berlemak. Diamkan selama 2-3 jam, kemudian bilas sampai bersih tanpa shampoo dan conditioner. Kamu dapat melakukannya 1 minggu sekali.
  • Kamu juga perlu menggunakan conditioner tanpa bilas setidaknya sekali dalam seminggu. Kondisioner tanpa bilas akan meresap sampai kedalam kutikula rambutmu, sehingga dapat memperbaiki kerusakan rambutmu secara efektif.
  • Cobalah menggunakan vitamin atau serum rambut setelah keramas, atau conditioner tanpa bilas. Aplikasikan pada rambut dalam keadaan setengah kering. Ini dapat membuat rambutmu lebih halus, lembut, dan mudah diatur.

 

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Produk Hair Styling

Produk penata rambut seperti hair spray, hair gel, atau hair wax akan merusak rambutmu jika digunakan terlalu sering. Kalaupun memang harus menggunakannya, jangan aplikasikan langsung ke kulit kepala karena akan menyebabkan kulit kepalamu kering.

Aplikasikan pada helaian rambut, dan usahakan agar produk tidak mengenai kulit kepala. Jangan lupa untuk mencuci  rambutmu sampai bersih dengan shampoo setelah kamu men-styling rambutmu dengan produk penata rambut.

6. Hati – Hati Memilih Hiasan Rambut

Hair piece atau hiasan rambut seperti jepit rambut atau bandana dapat memperindah tampilan rambutmu dan dapat kamu gunakan juga sebagai trik untuk menyelamatkanmu dari bad hair day. Tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam memilih hiasan rambut agar tidak merusak rambutmu.

Pilihlah ikat rambut yang berbalut kain, atau terbuat dari karet yang berbentuk spiral. Ikat rambut dengan bahan ini baik untuk rambutmu karena tidak membuat rambutmu rontok dan kusut.

 

7. Menjaga Pola Makan

Pola makan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambutmu. Makanan yang sehat akan membuat rambutmu lebih kuat, tidak mudah patah, dan lebih berkilau. Makanan yang baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan serta keindahan rambutmu antara lain sebagai berikut:

  • Ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, minyak biji rami, kacang kenari, kacang almond, dan susu. Dalam makanan ini terkandung asam lemak esensial, terutama asam lemak omega3 yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.
  • Daging ayam, daging sapi, ikan tuna, ikan salmon, kerang, kepiting, keju, dan telur. Dalam bahan makanan ini banyak terkandung vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.
  • Pisang, alpukat, tomat, kentang manis, bayam, brokoli, paprika, dan asparagus. Kandungan vitamin B6 yang juga baik untuk rambut banyak terkandung di dalamnya.
  • Buah jeruk, tomat, produk gandum, kacang-kacangan, alpukat, labu, kecambah, dan sayuran berdaun hijau tua. Asam folat yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut banyak terkandung dalam bahan makanan ini.
  • Kedelai, ayam, telur, dan ikan juga baik untuk meningkatkan kesehatan rambut karena banyak mengandung protein.

Jangan malas merawat rambutmu ya, guys. Karena rambut yang indah adalah aset yang berharga.

Berita Terkait

Cara Mudah Merawat Rambut Agar Cepat Panjang dan Tidak Rontok

Air Cucian Beras Dapat Merawat Kecantikan Wajah dan Rambut Anda

5 kebiasaan yang bikin rambut menipis

Agen Poker
Loading...