Lihat Nih, Misteri Segitiga Bermuda Ternyata Ada Kawah Raksasa - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Lihat Nih, Misteri Segitiga Bermuda Ternyata Ada Kawah Raksasa

on

Misteri Segitiga Bermuda -Selama ini, Segitiga Bermuda telah menjadi pembicaraan dunia. Bukan sebagai tujuan wisata, tetapi karena banyak kasus kapal dan orang hilang dan fenomena aneh lainnya. Selama bertahun-tahun, para peneliti mencoba mencari jawabannya, tapi belum berhasil. Sekarang, mulai menemukan titik terang.

Segitiga Bermuda adalah daerah imajiner yang menghubungkan tiga poin, yaitu Florida, Puerto Rico dan pulau Bermuda, yang terletak di tengah Samudra Atlantik. Secara total, daerah memiliki luas 4 juta kilometer persegi.

Kini, sebuah penemuan diyakini membuka jalan bagi jawaban misteri Segitiga Bermuda. Para ilmuwan saat ini yakin bahwa mereka selangkah lebih dekat dengan jawaban misteri itu, setelah ditemukannya serangkaian kawah bawah laut di dasar Laut Barents, lepas pantai Norwegia. Hal tersebut dikutip dari News.com.au pada Senin (14/3/2016).

Meskipun tidak dekat dengan Segitiga Bermuda, mereka berharap bahwa kawah tersebut jadi kunci untuk menjelaskan fenomena yang membingungkan itu.

Kawah dengan lebar 800 meter dan kedalaman 45 meter, diyakini terbentuk karena gas metana yang terdapat di bawah sedimen dasar laut. Lalu, gas tersebut meledak dan ledakan tersebut membentuk kawah.

Foto: pro-kontra.topsatu.con

“Banyak kawah besar terdapat di dasar laut yang terletak di pusat-barat Laut Barents dan mungkin terbentuk karena ledakan besar gas,” ujar peneliti dari the Arctic Univeristy of Norway kepada Sunday Times.

“Kawah tersebut mungkin merupakan salah satu tempat yang merepresentasikan lokasi meledaknya gas metan di Arktik,” tambahnya.

Kawah-kawah di dasar laut tersebut menandakan telah terjadi ledakan besar gas metan. Dalamnya bisa mencapai 150 kaki dan lebar setengah mil. Ledakan bisa dipicu oleh kebocoran minyak dan gas yang terkubur di dasar laut. Selama dua tahun terakhir, para peneliti sudah mendokumentasikan kemunculan gas metan dari dasar laut di perairan Washington dan Oregon.

Detail soal temuan ini rencananya akan disampaikan pada pertemuan Peneliti Geo Sains Eropa di Wina, Austria, 17-22 April mendatang. Salah satu topik yang dibahas adalah pengaruh ledakan gas metan terhadap perjalanan kapal.

Meski begitu, penelitian ini belum tentu bisa menjawab keseluruhan misteri di Segitiga Bermuda. Guardian melansir, kawah di dasar laut itu tidak akan memberi jawaban soal pesawat-pesawat yang hilang misterius di udara. Tak hanya itu, kasus hilangnya kapal di Bermuda juga tak sepele. Sebab, ada orang-orang yang hilang dari atas kapal, namun bukan seisi kapal.

Recommended for you