Ini 3 Fakta Friendster Baru Yang Harus Anda Tahu - Infotainment News Online Terkini

JagatTekno

Ini 3 Fakta Friendster Baru Yang Harus Anda Tahu

on

Friendster – Jonathan Abrams pada tahun 2002 di Mountain View, California, Amerika Serikat membangun Friendster. Namun Friendster buatan Jonathan Abrams mulai luntur setelah situs serupa seperti MySpace hadir pada 2003 dan kemudian muncul Facebook pada 2004.

Sebuah situs Friendster.id muncul sebagai situs jejaring sosial layaknya Facebook. Dari namanya ini tampak seperti situs pertemanan sosial yang pernah ada di era awal 2000-an dengan nama yang sama yakni Friendster.

Begini 3 Fakta Friendster Baru Yang Harus Anda Tahu

1. Fitur Baru yang Diusung Friendster

Friendster yang sempat hits beberapa tahun silam sempat hengkang dari industri jejaring sosial. Namun situs Friendster.id ditemukan dan pengguna bisa langsung melakukan pendaftaran.

Berbeda dari Friendster.com yang dulu akrab dengan netizen, situs ini mengusung fitur yang lebih kekinian. Tak terlalu jauh berbeda dari Facebook, Friendster.id juga memiliki linimasa yang bisa berisi cerita, foto, video, suara, file maupun membagikan lokasi.

Sebagaimana dilansir okezone, Postingan tersebut bisa dilihat per tab yang telah disediakan secara rapi di sudut atas tampilan home maupun profil. Pengguna bisa membagikan posting-an milik teman ke jejaring media sosial lain atau memberikan like, unlike dan komentar. Tombol like diwakili dengan jempol ke atas sementara unlike digambarkan dengan jempol ke bawah.

Pengguna juga bisa meng-update kondisi perasaan menggunakan emoticon, sedang bepergian, menonton, bermain atau mendengarkan sesuatu. Audience yang melihat postingan juga bisa diatur untuk semua orang, teman atau untuk pribadi.

Pengguna juga bisa memanfaatkan pesan singkat yang tak ubahnya seperti Facebook Messenger. Pengguna juga bisa bermain game, membuat grup, halaman, album foto, dan menyimpan posting-an. Di halaman profil, pengguna juga bisa memberikan foto dan cover. Rincian informasi mengenai pengguna disajikan di sisi kanan.

Secara keseluruhan, Friendster.id tampil berbeda sepenuhnya dari Friendster.com meski simbol mereka mirip. Friendster.id juga membawa fitur-fitur lengkap yang tak jauh berbeda dari Facebook.

2. Friendster BaruPakai Domain Indonesia?

friendster

Belum genap setahun pasca ditutup, kini muncul lagi situs Friendster dengan domain dot id.

“Temukan teman lamamu,” begitu kalimat yang tertera saat membuka laman situs, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (16/3/2016).

Ada pula pilihan “masuk” atau “daftar” yang disematkan di tengah-tengah laman. Apakah ini artinya Friendster beroperasi kembali? Tampaknya tidak.

Pasalnya, Friendster terdahulu sejatinya merupakan jejaring sosial yang berpusat di Mountain View, AS. Sementara Friendster yang baru diluncurkan memiliki domain “dot id” yang notabene adalah domain Indonesia.

KompasTekno pun menilik informasi di laman “tentang kami” yang tertera pada sisi kiri bawah situs baru tersebut. Benar saja, Friendster.id memperkenalkan diri sebagai karya lokal.

“Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah manifestasi dari karakter rakyat Indonesia,” begitu tertera pada keterangan di situs tersebut.

Keterangan ini bisa diartikan Friendster.id tidak berafiliasi langsung dengan Friendster yang asli.

Meski tak sama dengan Friendster yang dulu, Friendster.id merupakan jejaring sosial. Diharapkan, situs tersebut dapat membantu penggunanya berbagi asa, cerita, dan tawa, bersama orang-orang terdekat.

3. Friendster.id Mengancam Dominasi Facebook

friendster1

Dari domain yang lokal ini, besar dugaan pemiliknya adalah warga Indonesia yang memanfaatkan nama besar Friendster.

Untuk mengaktifkan dan mengoperasikannya pun sangat sederhana.

Seperti biasa layaknya Facebook, pengguna harus daftar terlebih dulu untuk bisa login. Setelah login dan memiliki nama pengguna, netizen bisa langsung berselancar membenahi profil.

Ada banyak fitur di Friendster seperti update status, berkirim foto, video, file data dan juga lokasi.

Secara umum memang benar-benar seperti facebook. Hanya saja Friendster kali ini tampak lebih lokal ketimbang Facebook.

Dengan domain yang juga lokal, seluruh istilah fitur juga sangat lokal.

User bagi warga Indonesia mungkin akan lebih cepat akrab dan familiar menggunakan situs pertemanan  Friendster baru ini.