3 Fakta Setelah Zaskia Gotik Menghina Pancasila Yang Harus Kamu Tahu

98

Zaskia Gotik Menghina Pancasila – Penjara lima tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta bagi siapa saja yang menghina negara dan lambangnya diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009.  Meski Zaskia Gotik sudah meminta maaf, namun anggota DPD Fahira Idris tetap melaporkan Zaskia ke Polda Metro Jaya. “Ini negeri bukan permohonan maaf, ini negeri hukum,” tegas Fahira saat dihubungi JPNN, Jumat (18/3).

Secara pribadi, Fahira mengaku, dirinya memaafkan Zaskia atas tindakannya. “Tapi, proses hukum harus berjalan,” lanjut perempuan kelahiran Jakarta itu. Fahira menjelaskan, pihak kepolisian sudah‎ melakukan analisis terkait tindakan yang dilakukan oleh Zaskia. Hasilnya, kata dia, tindakan itu memenuhi unsur kejahatan.

“Tidak boleh bercanda lambang negara karena mengandung unsur kejahatan,” ujar Fahira.

Fahira mengimbau, seseorang dalam mengeluarkan candaan harus ‎memperhatikan konteks. Sebab, ada hal yang bisa dijadikan bahan bercandaan dan tidak. Ia mencontohkan, tidak boleh bercanda mengenai bom di bandara.

“Contoh bercanda soal bom di bandara, Anda enggak boleh naik pesawat tertentu, ini menyangkut keamanan,” ungkap Fahira.

Kepala Unit 1 Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Komisaris Nico Setiawan mengatakan tengah mempersiapkan surat pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi. “Hari ini saya lagi menyusun untuk membuat surat pemanggilannya. Rencananya minggu depan baru kami panggil,” kata Nico Setiawan di Polda Metro Jaya, Jumat, 18 Maret 2016.

Terdapat beberapa fakta setelah Zaskia Gotik Menghina Pancasila diantaranya seperti dibawah ini.

1. Ayu Ting Ting dan Julia Perez Terkena Imbasnya

Atas tindakan konyol Zaskia Gotik yang menghina Pancasila, Ayu Ting Ting dan Julia Perez harus ikut menangung akibatnya, Jumat (18/3/2016).

Bukan hanya Zaskia Gotik yang kena getah guyonan bebek nungging namun dua sahabatnya ini harus ‘terseret-seret’.

Pihak kepolisian sudah menerima laporan dari warga termasuk senator DPD RI Fahira Idris.

Pihak Polda Metro Jaya setelah mempelajari rekaman video dalam acara tersebut akan segera memanggil pihak terkait seperti pembawa acara Deny Cagur juga dua sahabatnya Julia Perez dan Ayu Ting Ting.

Bukan hanya itu, Julia Perez dan Ayu Ting Ting juga harus mendapatkan ‘hukuman dari masyarakat.

Akun resmi Instagram mereka panen bully. Meski tak sedikit pula fans yang membela.

Ayu Ting Ting melalui postingan foto-foto beberapa sindiran pedas ditujukan langsung untuk bunda Biqis ini.

Sementara Postingan terbaru Julia Perez di Instagram yang dinilai terkait candaan Zaskia Gotik juga panen hujatan.

Ada dua kubu yang menyerang dan yang membela Julia

Nyender akh sm pak @otis_hahijary 😴 …….. #lol #nyenderketikangantuk

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

2. Gagal Dapat Penghargaan Karna Menghina Pancasila

Penyanyi dangdut Zaskia Gotik rencananya menjadi salah satu penerima Anugerah Bakti Musik Indonesia dari Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif). Dia rencananya menerima penghargaan sebagai penyanyi fenomenal tahun ini.

Tapi, kini beredar kabar bahwa penghargaan itu tidak jadi diberikan kepada Zaskia. Penyebabnya pedangdut kelahiran Bekasi itu telah melecehkan lambang negara, Garuda Pancasila.

Bahkan, tindakan pelecehan yang dilakukan Zaskia itu sampai dilaporkan ke polisi.

“Sempat diusulkan tapi kemudian ‎dibatalkan karena adanya kejadian tersebut,” kata Ketua Umum PAPPRI Tantowi kepada JPNN, Jumat (18/3).

‎Ada empat musisi tanah air yang menerima penghargaan ABMI 2016, yakni pencipta lagu Yessi Wenas, penyanyi Vina Panduwinata, grup legendaris Panbers, dan tokoh musik Bens Leo.

3. Semua Host Dahsyat dipanggil Polisi

Acara Dahsyat

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengagendakan pemanggilan Zaskia Gotik pada pekan depan. Dia dipanggil lantaran diduga menghina simbol negara saat menjadi host di program Dahsyat di stasiun televisi RCTI.

“Hari ini saya lagi menyusun untuk membuat surat pemanggilannya. Rencananya minggu depan baru kami panggil,” kata Kanit I Cyber Crime Kompol Nico Setiawan saat dikonfirmasi, Jumat (18/3).

Selain Zaskia, kata Nico, ‎pihaknya juga memanggil host yang tampil pada saat terjadinya dugaan penghinaan simbol negara tersebut.

“Nanti juga host-hostnya Dahsyat akan kami panggil jadi saksi. Deny cagur, Raffi Ahmad, Julia Perez, Ayu Ting Ting akan kami panggil juga‎‎,” pungkasnya.

Berita Terkait

Waduh, Anang Hermansyah Nilai Hinaan Zaskia Gotik Ada Positifnya?

Oh Ini Toh Video Zaskia Gotik Hina Lambang Indonesia

Waduh, Ini Perkataan Zaskia Gotik Yang Hina Indonesia