Para Bos Tim di F1 Anggap Peraturan Baru Formula 1 'Sampah' - Infotainment News Online Terkini

JagatOtomotif

Para Bos Tim di F1 Anggap Peraturan Baru Formula 1 ‘Sampah’

on

Peraturan Baru Formula 1 – Sistem kualifikasi baru Formula 1 dikeluarkan oleh Badan Otomotif Internasional, FIA untuk menambah balapan semakin menarik. Namun Sistem kualifikasi baru Formula 1 tidak disambut dengan antusias. Malah, sistem baru tersebut mendatangkan banyak kritik.

FIA mengajukan peraturan baru itu dalam rapat Komisi F1 dan Badan Strategis F1 di Genewa, Swiss, Selasa kemarin. Dalam aturan itu, FIA masih mempertahankan format tiga sesi kualifikasi seperti musim lalu.

Perbedaannya, jika pada musim lalu, setiap sesi memiliki waktu yang sama, 15 menit, maka pada peraturan baru ini setiap sesi akan berbeda. Sesi kualifikasi pertama akan berlangsung selama 16 menit, kualifikasi kedua selama 15 menit dan sesi kualifikasi ketiga akan berlangsung selama 14 menit.

Tak hanya itu, FIA juga membuat perubahan soal eliminasi pembalap pada setiap sesinya. Jika pada tahun lalu eliminasi hanya dilakukan pada akhir sesi, maka tahun ini akan ada pembatasan waktu bagi pembalap yang memiliki catatan waktu paling belakang.

Penjelasan Lengkap Sistem Kualifikasi Baru Formula 1

Seperti diketahui, kualifikasi F1 musim ini mengenal sistem eliminasi, yang mana diberlakukan dari Q1 hingga Q3. Jabarannya adalah seperti ini:

Sebagaimaan dilansir detik, Dari Q1 hingga Q3, tujuh pebalap yang mencatat waktu paling lambat akan dieliminasi. Di Q1, yang berlangsung selama 16 menit, eliminasi pertama dilakukan pada menit ketujuh. Selanjutnya, tiap 90 detik, pebalap dengan catatan waktu paling lambat bakal dieliminasi. Di Q2, yang berlangsung 15 menit, eliminasi akan dilakukan sejak menit keenam dan selanjutnya –sama seperti di Q1– tiap 90 detik, pebalap dengan catatan waktu paling lambat bakal dieliminasi. Lalu, di Q3, yang berlangsung 14 menit, eliminasi akan dilakukan sejak menit kelima lalu eliminasi kembali diberlakukan tiap 90 detik. Nantinya, hanya tinggal pebalap tercepat yang tersisa.

Bos Mercedes, Toto Wolff, bahkan terang-terangan menyebut peraturan tersebut ‘sampah’. “Saya adalah orang pertama yang mengatakan, kita tidak boleh berkata-kata kotor di depan televisi. Tapi, boleh dibilang peraturan baru kualifikasi adalah sampah,” ujar Wolff kepada Sky Sports.

Supremo F1, Bernie Ecclestone, juga tidak suka melihatnya. “Saya sudah melihatnya. Tapi, saya sama sekali tidak antusias sejak pertama kali,” ucap Ecclestone di Autosport.

“Ini seperti sampah. Tapi, beginilah adanya, dan kita harus menerimanya sampai kita bisa mengubahnya,” lanjut Ecclestone.

Sedangkan bos Red Bull, Christian Horner, menyebut F1 harus meminta maaf kepada fans atas sistem kualifikasi semacam itu. “Saya pikir, kita harus meminta maaf kepada fans dan penonton karena bukan beginilah seharusnya sesi kualifikasi,” kata Horner.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (19/3/2016), Rio Haryanto harus menerima kenyataan pahit setelah menabrak tim Haas Romain Grosjean. Video detik-detik Rio Haryanto bertabrakan dengan Romain Grosjean beredar di media sosial.

Berita Terkait

Yah Rio Haryanto Dikurangi 2 Poin, Lihat Nih Video Tabrakan Rio Haryanto

Wah Ini Nih Jadwal Lengkap Siaran Rio Haryanto Yang Harus Kamu Tahu

20 DP BBM Bergerak Dukung Rio Haryanto Juara F1

Recommended for you