Resep Donat Kentang Mudah Buatnya, Cocok Untuk Yang Sedang Belajar

82

Resep Donat Kentang – Donat adalah cemilan manis atau makanan penutup yang terbuat dari adonan tepung (mirip seperti roti) berbentuk cincin atau tanpa lubang yang digoreng dan ditopping dengan coklat, gula, keju, meises, atau maple kacang. Donat populer di banyak negara yang dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko roti, dan supermarket.

Dua jenis yang paling umum adalah donat cincin dan diisi donat yang disuntik dengan manisan buah , krim , atau puding. Yang sedang populer saat ini ialah Donat Kentang.

Banyak netizen mencari cara membuat kue donat kentang, namun beberapa diantaranya bingung untuk meniru karna resep yang susah didapat.

Lalu bagaimana cara membuat donat kentang yang mudah ? Berikut resep bagaimana cara membuat donat yang bisa anda lakukan sekarang juga di dapur. Selain Donat Kentang, Anda juga bisa mencoba cara membuat Kue Tradisional Jawa Tengah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

  • 1/2 kg tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir telor
  • 1/4 kg kentang
  • 1/4 kg mentega
  • 11 gram ragi instan
  • 1 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula (tergantung selera)
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 gelas air sekitar 100 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk Topping :

  • 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC) atau 1 coklat batangan
  • 2 sendok makan margarin
  • Meses atau tepung gula secukupnya

 

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Potong kentang menjadi beberapa bagian, kemudian rebus sampai matang.
  2. Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Pastikan kentang benar-benar halus merata
  3. Masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan juga kentang yang telah dihaluskan tadi. Kemudian aduk rata sekitar 20 menit.
  4. Aduk adonan menggunakan alat pengaduk sampai setengah kalis kemudian diamkan selama 30 menit sampai adonannya mengembang.
  5. Hindari mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan karena dapat menyebabkan adonan tidak mengembang dan terkesan kaku.
  6. Selanjutnya masukkan garam, mentega, dan juga air lalu aduk hingga benar-benar kalis. Lama pengadukan sekitar 10 menit.
  7. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian dan diamkan selama 15 menit agar adonan benar-benar mengembang.
  8. Setelah itu, bentuk adonan seperti donat pada umumnya yaitu terdapat lubang ditengahnya. Anda juga bisa membentuk adonan sesuai selera anda.
  9. Tuangkan minyak ke dalam wajan, kemudian goreng adonan donat dalam api kecil hingga warnanya berubah kecoklatan. Gunakan alat bantu seperti sumpit ketika menggoreng donat agar mendapat lingkaran sempurna pada lubang donat.

Kalis adalah kondisi dimana adonan tidak lengket di tangan dan lentur. Tapi untuk adonan donat agak berbeda. Meskipun sudah benar-benar kalis, adonan donat tetap lengket karena ada campuran kentangnya.

Untuk hasil yang bagus, goreng di api kecil dengan banyak minyak agar donat tenggelam setengah dan bagian bawahnya tidak menyentuh dasar penggorengan.

Menghiasi Donat dengan Topping

Jika ingin donat anda lebih enak dan menarik, anda bisa menaburkan meses di atasnya. Untuk melengketkan meses pada donat, anda bisa melakukannya dengan cara berikut :

  1. Iris kecil-kecil coklat terlebih dahulu menggunakan pisau.
  2. Masukkan dua sendok margarin dan coklat yang telah di iris kecil-kecil tadi ke wajan anti-lengket dan masak hingga mencair.
  3. Celupkan sisi atas donat ke dalam coklat cair tadi, kemudian taburkan meses di atasnya.

Jangan lupa untuk segera mematikan api, karena mencairkan coklat dengan kondisi api menyala dapat membuat rasa coklat jadi gosong.

Berita Terkait

Yuk Buat Kue Cubit Red Valvet

Resep Cara Membuat Molen Pisang Coklat Yummy

Tahun Silih Berganti, Kue Klepon Legit Tetap di Hati