Zaskia Gotik Di Panggil Polda Metro Jaya Pekan Depan, Jadi Tersangka Nih?

93

Zaskia Gotik menghina Pancasila – Candaan yang mengarah pada hinaan Lambang Pancasila dilakukan oleh Zaskia Shinta atau biasa disapa Zaskia Gotik. Zaskia Gotik pun terancam pidana 5 tahun dan denda Rp 500 juta karena menyebut lambang sila kelima pancasila dengan Bebek Nungging.

Meski sudah meminta maaf, anggota DPD Fahira Idris tetap melaporkan Zaskia ke Polda Metro Jaya. “Ini negeri bukan permohonan maaf, ini negeri hukum,” tegas Fahira saat dihubungi JPNN, Jumat (18/3).

Secara pribadi, Fahira mengaku, dirinya memaafkan Zaskia atas tindakannya. “Tapi, proses hukum harus berjalan,” lanjut perempuan kelahiran Jakarta itu. Fahira menjelaskan, pihak kepolisian sudah‎ melakukan analisis terkait tindakan yang dilakukan oleh Zaskia. Hasilnya, kata dia, tindakan itu memenuhi unsur kejahatan.

“Tidak boleh bercanda lambang negara karena mengandung unsur kejahatan,” ujar Fahira.

Fahira mengimbau, seseorang dalam mengeluarkan candaan harus ‎memperhatikan konteks. Sebab, ada hal yang bisa dijadikan bahan bercandaan dan tidak. Ia mencontohkan, tidak boleh bercanda mengenai bom di bandara.

“Contoh bercanda soal bom di bandara, Anda enggak boleh naik pesawat tertentu, ini menyangkut keamanan,” ungkap Fahira.

Polda Metro Panggil Zaskia Gotik

Tim Subdirektorat Reserse Kriminal Khusus Cyber Crime Polda Metro Jaya terus mengembangkan penyelidikan terkait dengan dugaan pelecehan lambang negara yang melibatkan penyanyi dangdut Zaskia Gotik.

Kepala Unit 1 Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Komisaris Nico Setiawan mengatakan tengah mempersiapkan surat pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi. “Hari ini saya lagi menyusun untuk membuat surat pemanggilannya. Rencananya minggu depan baru kami panggil,” kata Nico Setiawan di Polda Metro Jaya, Jumat, 18 Maret 2016.

Rencana pemanggilan Zaskia Gotik, menurut Nico, merupakan pengembangan dari pengamatan Subdirektorat Reserse Kriminal Khusus Cyber Crime Polda Metro Jaya di media berdasarkan keluhan masyarakat yang menyaksikan tayangan penyanyi dangdut itu di sebuah acara musik.

Berita Terkait

Oh Ini Toh Video Zaskia Gotik Hina Lambang Indonesia

Oh Ini Toh Alasan Zaskia Gotik Mudah Menghina Lambang Indonesia

Waduh, Anang Hermansyah Nilai Hinaan Zaskia Gotik Ada Positifnya?