Oh Ini Toh Orang Yang Provokasi Di Facebook Saat Demo Taksi

72

Demo Taksi – Netizen kaget dengan aksi sopir taksi pamer samurai. Ada dua foto sopir taksi pamer samurai yang dikomentari Ruben Onsu. Di foto tersebut, seorang sopir taksi tampak memamerkan golok di depan dadanya. Foto itu diambil dengan latar belakang mobil taksi.

Di foto lain, seorang sopir taksi mengunggah foto samurai dan celurit di akun Facebook bernama Feri Yanto. Di foto itu, Feri Yanto mengajak semua sopir taksi untuk melakukan aksi demo hari ini, Selasa (22/3/2016).

Polda Metro Jaya telah menangkap Feri Yanto, pelaku yang telah memposting gambar dan memprovokasi rekan-rekan sesama sopir taksi untuk melakukan sweeping pada driver transportasi online.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Mujiyono mengatakan, selain menangkap pria 31 tahun itu, pihaknya akan mendalami oknum di balik penghasutan aksi tersebut.

“Penyidikan sementara sendiri. Namun demikian tetap akan kami kembangkan (oknum yang menyuruh melakukan aksi),” ujar Mujiyono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/3).

Dia menjelaskan, akan terus melakukan patroli cyber di jejaring media sosial dan online. Menurut dia, siapa yang memperkeruh keadaan saat itu, pihaknya akan tegas mempidanakannya.

Mujiyono juga memastikan, bukan hanya Polda Metro Jaya saja yang bergerak, tapi seluruh perangkat kepolisian kini tengah bekerja untuk menangkap pemicu provokatif yang terjadi Senin (22/3) kemarin.

“Kami akan terus kembangkan lagi. Bukan hanya Direktorat Reserse Kriminal Khusus saja, tapi semua sistem, dan para kapolres juga melakukan proses penyelidikan tentang dugaan melawan hukum terkait dengan insiden kemarin. Artinya, kami melakukan proses hukum secara tegas, terhadap semua perbuatan melawan hukum,” tandas Mujiyono.

Atas perbuatannya itu, tersangka dianggap melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat (2) UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Selain itu, Feri juga dikenakan Pasal 160 KUHP tentang penghasutan dimuka umum baik tulisan maupun lisan. Tersangka terancam hukuman pidana maksimal enam tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp1 miliar.

Berita Terkait

Lihat Nih, Ahmad Dhani Panen Hujatan dan Dicibir Farhat Gara-gara Demo Taksi

Inilah Sosok Presiden Perdamaian Yang Heboh Di Sosmed Saat Demo Taksi

Heboh, Ahok Bilang Demo Taksi Direstui Perusahaan Taksi

Video Lengkap Ruhut Sitompul Bilang Ada Dalang di Balik Demo Taksi