20 Pertanyaan Penyidik Saat Periksa Zaskia Gotik Kasus Penghinaan Pancasila

117

Zaskia Gotik – Kasus bebek nungging yang menimpa Zaskia Gotik membuat ‘Neng’ dipanggil pihak penyidik pada Rabu (30/3/2016) pukul 10.00 WIB di Unit I Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Zaskia Gotik ditemani oleh pengacara dan juga kekasihnya, Rian. Zaskia diperiksa selama 6 jam.

Kuasa Hukum Zaskia Gotik, Edi Ribut Harwanto mengatakan Zaskia Gotik menerima 20 pertanyaan oleh penyidik.

“Pertanyaannya seputar dugaan, bukan pelaku. Neng (panggilan Zaskia Gotik) diperiksa sebagai saksi,” ujar Kuasa Hukum Zaskia Gotik, Edi Ribut Harwanto di Polda Metro Jaya, Rabu (30/3/2016).

“Mengenai pertanyaan, Neng nggak akan menjelaskan, nggak seperti kemarin-kemarin. Tapi ada dua pertanyaan esensi pokok mengenai 17 Agustus dan bebek nungging,” sambungnya.

Kasus ini bermula ketika Zaskia Gotik tampil acara musik pagi di salah satu televisi swasta episode Selasa (15/3/2016) para penonton terheran dengan candaa Zaskia Gotik.

Kejadian itu bermula terjadi saat Zaskia ditanya tentang hari proklamasi, mantan kekasih Vicky Prasetyo itu dengan enteng menyebut, “32 Agustus”. Bahkan, Zaskia Gotik menyebutkan tanggal dengan asal sambil tertawa, berharap jawabannya dianggap lucu.

Seperti diketahui, hari proklamasi diperingati oleh bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2016 menjadi momentum berharga atas kemerdekaan bangsa.

Tak berhenti sampai di situ, seperti dilansir Liputan6, Selasa, Zaskia Gotik juga menghina Pancasila yang menjadi ideologi dasar bagi negara Indonesia. Zaskia Gotik menyebutkan, lambang sila kelima adalah bebek nungging.

Di lambang negara Garuda itu, sila kelima adalah padi dan kapas yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Entah apa yang membuat pedangdut ini berkelakar dengan membawa serta lambang negara.

Pengguna Internet (netizen) sangat menyayangkan pernyataan Zaskia yang dinilai melukai rakyat Indonesia. Melalui akun Instagram Zaskia, netizen ramai-ramai memberikan komentar mereka.

“Proklamasi itu 17 agustus bukan 32 agustus ,lambang sila ke lima dri pancasila itu padi dan kapas bukanBEBEK NUNGGING @zaskia_gotix becandany terlalu sadis,” kritik pemilik akun jg.gina.

Tak berhenti sampai di situ, netizen lainnya pun mengingatkan karena ucapannya itu, Zaskia Gotik terancam 5 tahun penjara, karena dianggap menghina lambing negara.,@ahmadfatoniazis menuliskan, “Zaskia Gotik Hina Indonesia di Sebuah Acara Televisi, Ancamannya 5 Tahun Penjara.”

Dalam Pasal 57 a jo Pasal 68 tertulis, “Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Berita Terkait

Kasus Zaskia Gotik Berlanjut, Bella Luna Laporkan Trio Cecepy dan Denny Cagur

13 Fakta Terbaru Zaskia Gotik Yang Harus Kamu Tahu, Dari Lulusan SD Sampai..

Heboh, Zaskia Gotik Mengakui Mencoret Jawaban Yang Benar