Ini Bahaya April Mop Menurut Pandangan Islam - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

Ini Bahaya April Mop Menurut Pandangan Islam

on

April Mop – Dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Bagaimana pandangan islam dalam perayaan April Mop ?

Lelucon yang biasa dibuat pada 1 April (April Mop) adalah lelucon yang penuh kedustaan. Intinya hanya ingin membuat orang lain tertawa dengan melihat kebodohan orang lain. Dan terkadang ini pun menyakiti dan menakut-nakuti orang yang dicandai.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. Kecelakaan untuknya.” (HR. Abu Daud & Tirmidzi, hasan). .
Ini adalah ancaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi para pelawak yang hanya ingin membuat penonton tertawa dengan berdusta.

@Regrann from @alhikmahjkt – HARI MELEGALKAN DUSTA?? Lelucon yang dibuat pada 1 April (April Mop) adalah lelucon yang penuh kedustaan. Intinya hanya ingin membuat orang lain tertawa karena kebodohan orang lain. Dan ini pun menyakiti dan menakut-nakuti orang yang dicandai. Hadits di atas adalah ancaman baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi para pelawak yang berdusta hanya ingin membuat penonton tertawa. Kadang candaan dan lelucon yang dibuat dengan mengambil lalu menyembunyikan barang orang lain. “Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud & Tirmidzi). Orang yang mengambil hendaklah mengembalikannya, “Siapa yang mengambil tongkat saudaranya, hendaklah mengembalikannya” (HR. Abu Daud) Kita sering dahulu melihat ada yang melakukan seperti itu. Ada yang sengaja menyembunyikan barang milik temannya. Ketika ia mencari ia pun kebingungan. Nah, ketika sudah pada puncak kebingungan setelah lama mencari, barulah barang miliknya dikembalikan. Hal ini tidaklah dibolehkan karena membuat orang lain takut / cemas walau maksudnya bercanda namun ini termasuk dosa. “Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Daud & Ahmad). Wallahu a'lam #hadits #haram #dosa #aprilmop #bahayaaprilmop #melegalkandusta #muslim #muslimin #hijab #hijabers #ikhwan #akhwat #jilbab #bohong #alhikmahjkt #Regrann #berbagidakwah #dakwah #instadakwah

A post shared by Berbagi Dakwah (@berbagidakwah) on

Kadang candaan dan lelucon yang dibuat dengan mengambil lalu menyembunyikan barang orang lain. Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,
“Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud & Tirmidzi). .
“Siapa yang mengambil tongkat saudaranya, hendaklah mengembalikannya” (HR. Abu Daud)

Membuat orang lain takut walau maksudnya bercanda termasuk dosa. Pernah di antara sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan bersama beliau, lalu ada seseorang di antara mereka yang tertidur dan sebagian mereka menuju tali yang dimiliki orang tersebut dan mengambilnya. Lalu ia pun khawatir (takut). Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Daud & Ahmad, hasan).

Mungkin kita pernah dulu iseng menyembunyikan sendal temannya di masjid. Ketika ia keluar, ia pun kebingungan. Nah, ketika sudah pada puncak kebingungan setelah sejam mencari, barulah barang miliknya dikembalikan. Bagi yang dulu pernah melakukan seperti itu, maka minta maaflah pada saudaranya dan banyaklah bertaubat.

Ingat pula bahaya dusta. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

“Barangsiapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka” (HR. Ibnu Hibban).

Berita  Terkait

Ini Hukuman Jika Minta Oleh-oleh Orang yang Berpergian Dalam Islam

Inilah Keajaiban Rahim Seorang Wanita Menurut Islam

Cincin Viking Berlafal Allah Jadi Bukti Komunikasi Antara Para Viking Dengan Dunia Islam Dalam Perdagangan

Recommended for you