Waduh Berlian Kakek Qarsing Palsu? Inidia Cara Mengujinya - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Waduh Berlian Kakek Qarsing Palsu? Inidia Cara Mengujinya

on

Berlian Kakek Qarsing – Publik dihebohkan dengan seorang kakek yang menghibahkan berlian 1.110 karat yang hendak dia jual ratusan miliar. Kakek Qarsing (81) pemilik berlian dengan  222 gram berkarat 1.110 ini berasal dari Desa Bulu Cendrana, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan dengan dermawannya menghibahkan bongkahan Berlian untuk membayar utang negara, dan membangun pesantren. Namun benarkah Berliant milik kakek Qarsing asli?

Kepala Laboratorium Terpadu FMIPA UNS Dr Sayekti Wahyuningsih kemudian menjelaskan, berlian memang bisa saja ditemukan di mana pun.

“Kalau batu mulia, biasanya mindsetnya itu kan bongkahan besar yang kemudian dipoles. Tapi kalau untuk berlian, biasanya lebih kecil,” kata Sayekti saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (6/4/2016).

Qarsing mengaku menemukan bongkahan batu tersebut di laut. Tak disebutkan memang di mana laut yang dimaksud.

“Kalau berlian memang biasanya memang sudah berbentuk seperti itu begitu ditemukan. Berlian itu sudah fix seperti itu kristalnya. Itulah yang menyebabkan dia memantulkan sinar-sinar,” tutur Sayekti.

Keaslian dari berlian memang biasanya diukur berdasarkan karatnya. Makin tinggi karatnya, tentu makin tinggi nilainya.

Sayekti juga menambahkan, ada pula unsur subyektifitas dalam menilai sebuah berlian. Tetapi sudah ada alat untuk mengukur kadar karat dari berlian.

“Untuk mengukurnya bisa saja dibawa ke toko perhiasan atau asosiasi terkait yang bisa mengeluarkan sertifikat. Kalau di laboratorium kampus, memang bisa untuk mengukur keaslian berlian, tetapi kami tidak bisa mengeluarkan sertifikat,” ujar Sayekti.

Sayekti mengatakan bahwa berlian biasanya berwarna bening sehingga memantulkan cahaya yang menarik. Sementara itu berlian yang ditemukan Qarsing bening kemerahan.

Memang tak bisa langsung ditentukan keaslian sebuah berlian hanya dari penampilannya saja. Saat ini, kata Sayekti, sudah banyak berlian sintetis yang sering kali menipu mata orang awam karena nyaris mirip.

olisi tidak tinggal diam menyikapi kehebohan soal Kakek Qarsing (81) yang mengaku memiliki berlian ribuan karat. Polisi mengawasi rumah Qarsing di Sidrap, Sulsel.

“Jadi sejauh ini kita hanya mengawasi,” kata Kapolres Sidrap AKBP Anggi Siregar pada Detikcom, Rabu (6/4/2016).

Anggi juga melakukan imbauan kepada warga agar tak mudah percaya kepada pengakuan kakek Qarsing soal berlian 1.110 karat yang hendak dia jual ratusan miliar.

Warga jangan sampai tertipu. Karena belum ada penelitian soal berlian yang disebut Qarsing didapatnya dari laut.

“Berlian itu hanya pengakuan kakek itu. Jangan sampai ada yang tertipu,” tutup dia.

Berita Terkait

Lihat Bentuk Berlian Yang Dijual Kakek Ini Untuk Bayar Utang Negara

Kisah Nyata, Mbah Jhum Penjual Sayur Beramal Setiap Hari

Niat Nabung Untuk Beli Ipad, Bocah SD Malah Sumbang Mesjid Yang Dirusak Di Texas

Recommended for you