Ikuti 7 Cara Mudah Hidup Sehat dan Alami Berikut Ini

82

Bagaimana cara hidup sehat yang alami untuk mencegah penyakit tanpa obat-obatan? Langkah-langkah gaya hidup sehat bisa Kita lakukan dengan beberapa cara mudah dan murah. Kualitas hidup pun akan lebih baik dengan raga dan jiwa yang sehat.

Berikut ini ketujuh cara untuk hidup sehat: Udara bersih, paru-paru pun sehat Hiruplah udara yang bersih dan sehat, maka Kita terhindar dari gangguan pernapasan. Udara pagi adalah sangat baik untuk paru-paru Kita, tanpa repot mencari udara pegunungan.

Sempatkanlah diri keluar rumah sebelum berangkat beraktifitas untuk mengatur pernapasan menghirup udara sejuk,apabila Kita sebagai Muslim, berjama’ah Shalat Shubuh di Masjid lebih baik.

Ketika berada di luar, sebisa mungkin menjauhlah dari udara tercemar seperti asap kendaraan atau debu dan asap rokok. Perabot rumah, kipas angin atau AC di rumah dan ruangan kerja Kita juga jangan lupa untuk rutin dibersihkan.Banyak minum air putihDibanding minuman apapun, air putih lah tetap yang terbaik.

Seperti anjuran pada umumnya, per hari minimal minumlah air putih 8-9 gelas. Fungsi ginjal dan saluran kemih pun terbantu kelancarannya dengan meminum air putih. Di siang hari, minumlah air sejuk (bukan air es) dan air hangat di malam hari. Anda juga bisa menambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Minuman ini berguna mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, selain menyegarkan diri.Konsumsi menu bergizi dan seimbangPilihlah menu dengan gizi yang cukup, seimbang, dan bervariasi. Tubuh membutuhkan serat, sehingga Kita perlu mengkonsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan gizi.

Makanan olahan dan junk food, sebaiknya dihindari. Garam dan gula pun harus dikurangi asupannya. Yang tidak kalah penting adalah sarapan pagi ! Aktifitas sepanjang hari akan ditunjang oleh sarapan pagi sehingga jika Kita mengabaikannya maka tubuh menjadi tidak siap menjalani kegiatan.Seimbangkan antara kerja, olahraga dan istirahatKerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak ada untungnya.

Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Berolahraga tidak harus memakan waktu. Kita bisa berolahraga ringan atau sekedar melemaskan otot persendian di waktu senggang. Untuk kebugaran dan stamina tubuh, berolahraga 2 – 3 kali per minggu, selama 30 – 45 menit, sudah cukup membantu.Kontrol kerja otakSama seperti tubuh, otak pun perlu istirahat.

Beban terlalu banyak yang otak terima akan membuat otak bekerja keras sedangkan waktu isitirahatnya tidak seimbang. Cara menyegarkan otak yang lelah setelah banyak berpikir, bisa Kita lakukan dengan menjalani hobi yang Kita senangi di waktu senggang. Membaca novel, melukis, atau mendengarkan musik akan membuat kerja otak lebih santai.
Jalani hidup secara harmonis Jika ingin tetap sehat, manusia sebagai mikrokosmos harus mematuhi alam yang sebagai makrokosmos. Kuncinya adalah gunakan akal sehat. Jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan hidup yang buruk dan beresiko.

Meminum minum-minuman keras, merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang hanya akan menyiksa tubuh. Perkecil resiko terjadinya stres emosional atau psikis dengan menjalani hidup secara harmonis.Gunakan suplemen giziSuplemen hanya boleh Kita minum jika tubuh memerlukannya. Tetaplah utamakan mengkonsumsi makanan segar dan sehat.

Jenis suplemen makanan memang bermanfaat membantu tubuh meningkatkan kesehatan, namun jangan berlebihan. Tubuh kita memerlukan antioksidan (beta-karoten), vitamin C, vitamin E, dan selenium. Kita bisa mendapatkan semua zat itu dalam makanan sehat yang alami dan tidak mahal.

Dengan menjalani tips diatas, Kita pasti akan mendapatkan banyak manfaat hidup sehat sehari hari. Ayo, kita jalani ketujuh trik dan  tips diatas untuk kesehatan Kita! Atau Anda punya cara hidup sehat lainnya? silahkan berbagi disini.

Berita Terkait

17 Resep Rahasia dari Tiongkok Kuno Agar Dapat Hidup Sehat Sampai Tua

4 Tips yang harus Kamu Tau Sebelum Memilih Obat untuk Kesehatan!

Heboh, Daun Ajaib Sanjeevani Booti Bisa Hidupkan Orang Mati