Kumpulan Foto Wajan Dan Tungku Raksasa Kuno Di Kutoarjo

136

Wajan Raksasa – Warga Kecamatan Kutoarjo dihebohkan dengan penemuan wajan raksasa pada (29/04/2016). Pawit Haryanto, 40 adalah orang yang pertama kali menemukan wajan raksasa tersebut.

Wajan itu memiliki diameter 270 sentimeter (cm) dan memiliki ukuran cekungan sepanjang 90 cm. Pawit Haryanto menceritakan, pagi itu dia seperti biasa bekerja sebagai kuli bangunan di rumah milik Widodo di Jalan MT Haryono atau tepatnya di sebelah utara SD Nasional Kutoarjo.

Pawit mendapatkan tugas pagi itu menggali tanah untuk lubang membuat fondasi. “Belum ada 1 meter, saya menggali tanah itu, tiba-tiba cangkul yang saya gunakan membentur benda keras dan mengeluarkan suara keras. Awalnya, saya pikir membentur batu di dalam tanah. Tapi setelah saya amati dan saya raba dengan tangan ternyata benda itu seperti besi yang lebar,” ujar Pawit.

Saat itu dia mencoba dengan tangan mengeluarkan benda tersebut namun upayanya tidak berhasil. Akhirnya, dibantu temannya mencoba mengeluarkan benda itu. Mereka sangat terkejut karena bentuknya bulat dan lebar. Setelah berhasil diangkat dari tanah, akhirnya diketahui benda itu adalah wajan berukuran raksasa.

Pemilik rumah Widodo mengaku tidak tahu menahu asal benda mirip wajan berukuran besar itu. Widodo hanya menceritakan membeli rumah itu sekitar 10 tahun lalu dari seorang warga keturunan Tionghoa. “Saya tidak tahu asal wajan itu. Tahunya ya barusan saat pekerja saya menggali tanah untuk fondasi ternyata ada wajannya,” kata Widodo. Selain wajan, ditemukan pula tungku untuk perapian di dalam tanah.

Diperkirakan benda-benda itu adalah peninggalan pabrik zaman dahulu. Selanjutnya oleh Widodo rencananya wajan dan tungku api temuan itu akan diberikan kepada kakaknya berprofesi sebagai kolektor barang antik. “Biar disimpan kakak saya saja. Kebetulan dia juga suka mengoleksi benda-benda kuno,” kata Widodo.

Selain Wajan Juga Ditemukan Tungku

Selain menemukan wajan raksasa berdiameter 270 sentimeter dengan ketinggian 90 sentimeter beberapa buruh bangunan ketika menggali tanah untuk fondasi gudang di kawasan ruko Jalan MT Haryono, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah juga menemukan bangunan diduga bekas tungku minyak tanah kuno di bawah wajan itu.

“Tungkunya dari batu bata kuno yang ukuran batu batanya lebih besar dari batu bata zaman sekarang,” ungkap Mijan yang merupakan mandor buruh bangunan yang memborong pembangunan gudang ruko, Sabtu (30/4).

Mijan mengira jika wajan raksasa beserta bangunan tungku minyak tersebut merupakan peninggalan kuno pabrik yang sudah ratusan tahun.

“Perkiraan saya ya wajan dan tungku minyak itu adalah peninggalan pabrik yang beroperasi ratusan tahun lalu,” ucapnya.

Mijan menjelaskan, saat penemuan dirinya bersama buruh bangunan anak buahnya berusaha menyingkirkan wajan karena menghalangi galian fondasi.

Namun upaya sejumlah buruh bangunan itu hanya sia-sia. Pasalnya, berat wajan yang diperkirakan lebih dari satu ton itu tidak mampu untuk digeser para buruh bangunan itu.

“Kami coba menggeser. Sebanyak tujuh orang buruh saya ikut menggeser tapi wajan sama sekali tak bergerak dari tempatnya,” cerianya.

Mijan mengaku pernah mendapat informasi dan pengakuan dari salah satu pemilik toko di Kutoarjo, tentang keberadaan wajan raksasa beserta bangunan tungkunya tersebut.

“Sebelum mengerjakan ruko bangunan ini juragan Toko ABC sebelah bilang, katanya ketika kecil pernah dikasih tahu pemilik bangunan jika ada wajan terpendam dalam tanah,” paparnya.

Meski demikian, Mijan dan beberapa warga sekitar selama tinggal di tempat itu tidak pernah mendengar informasi penggunaan wajan raksasa itu pada zaman dulu.

Sampai saat ini, informasi yang berkembang usai penemuan wajan raksasa simpang siur. Beberapa warga saling berspekulasi. Ada yang menyatakan tempat itu adalah bekas pabrik pembuatan batik atau pabrik pembuatan kerupuk.

Berikut Foto Foto Wajan Raksasa Beserta Tungkunya