Tips Agar Foto Wisata Bermanfaat Untuk Orang Lain

109

Sapujagat.com, Tips agar Foto Wisata Bermanfaat untuk Orang Lain

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berwisata tentu Anda tidak mampu lepas dengan peralatan kamera. Adalah hal yg utama buat mendokumentasikan semua momen agar mampu dikenang dan tentunya dibagikan melalui media sosial.

Namun, ternyata foto-foto perjalanan Anda mampu bermanfaat untuk orang yang lain yg melihat. Bagaimana caranya agar foto-foto perjalanan mampu bermanfaat?

Nara sumber acara “Himalaya’s Summit Experiences & Adventure Journalism” Lauwin Keytimu mengatakan, foto tempat wisata dengan teks yg mencakup keterangan 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how) mampu menjadi referensi orang-orang berlibur. Dengan keterangan 5W+1H, orang-orang dapat mengetahui keterangan seputar tempat wisata.

“Kalau bisa, foto juga di tempat-tempat yg jadi penanda lokasi tempat wisata. Misalnya tulisan selamat datang,” lanjut laki-laki yg bekerja sebagai kameramen di KompasTV.

Untuk mendapatkan keterangan 5W+1H pada sebuah tempat wisata, Lauwin menyarankan wisatawan sebelum berangkat melakukan riset terlebih dahulu. Selain itu, wisatawan juga dapat mengambil informasi-informasi yg berubah di tempat wisata pada suatu masa.

“Misalnya kami tidak jarang ke tempat wisata, kemungkinan tempat wisata mulai berubah. Foto itu juga mampu bikin sequence (rangkaian gambar). Bisa dijadikan foto story. Itu mampu jadi referensi di Instagram maupun blog,” lanjutnya.

Foto-foto wisata tersebut mampu diunggah di media sosial yg dimiliki dengan seluruh bentuk keterangan wisata yg lengkap. Menurut Lauwin, foto-foto dengan keterangan yg lengkap dapat tidak kalah bermanfaat dengan publikasi media massa.

“Foto itu (dengan keterangan 5W+1H) mampu berguna tanpa mesti tayang di media massa,” ungkapnya.

Sumber: http://travel.kompas.com
Tips agar Foto Wisata Bermanfaat untuk Orang Lain.di Sapujagat JagatWisata