Cerita Lengkap Dua Mahasiswa Rusia Jadi Gelandangan Namun Dibantah Dubes Rusia ?

252

Gelandangan – Dua Mahasiswa Rusia bernama Dimitrii Abdugafarov dan Aleksandra Kolesnikova menjadi viral di media sosial lantaran Jadi Gelandangan di Stasiun Sudirman. Pada Rabu (27/7/2016), Dimitrii Abdugafarov dan Aleksandra Kolesnikova menyambangi kantor berita Bintang.com di Menteng, Jakarta Pusat untuk menceritakan secara lengkap kisahnya.

Dimitrii Abdugafarov dan Aleksandra Kolesnikova mengaku bahwa saat menjelajah Indonesia tepatnya di Papua, mereka kehilangan tas dan barang-barang berharga. Dimitrii dan Aleksandra  tak menyangka kalau keberadaan mereka di Stasiun Sudirman sempat menghebohkan.

Dimitrii dan Aleksandra pun menjelaskan bahwa di Jakarta mereka tinggal di rumah teman, jadi mereka bukanlah gelandangan yang hidup sengsara dan tidak punya tempat tujuan. Namun berkat kejadian ini mereka mengaku jadi lebih mengenal Indonesia. “Orang Indonesia sangat baik, kami selalu diberikan tumpangan. Walau mereka hidup sederhana, tapi mereka tetap mau membantu kami,” jelas Aleksandra.

Itulah sedikit obrolan singkat Bintang.com dengan dua mahasiswa asal Rusia yang sempat dikabarkan menjadi gelandangan di Sudirman. Namun tak hanya itu, karena Aleksandra dan Dimitrii juga berbagi pengalamannya traveling ke Indonesia denganbudget yang sangat minim, bahkan ketika mereka kehilangan seluruh uang dan barang-barang berharga lainnya.

Dubes Rusia bantah dua warganya jadi gelandangan di Jakarta

Duta Besar Rusia Mikhael Galuzin membantah pemberitaan yang beredar terkait pemberitaan bahwa pihak kedutaan Rusia cuek dan tidak mengindahkan permintaan mereka.

Konsul kedutaan dia klaim sudah menawarkan pemulangan serta beberapa opsi lain kepada keduanya.

“Meski tidak didukung oleh paspor dan dokumen penting lain, Konsul kami telah siap untuk semua pengurusan terkait hal tersebut. Namun ternyata mereka menolak untuk dipulangkan secara segera,” terang Galuzin di kediamannya di bilangan Kuningan, Jakarta, Rabu (27/7).

Beberapa opsi juga sempat ditawarkan, seperti menelepon kerabat untuk dapat membantu kepulangan mereka.

Baca Juga: Kisah Dua Mahasiswa Rusia Jadi Gelandangan di Stasiun Sudirman, Ini Penyebabnya

“Konsul kami telah menawarkan untuk dapat berbicara langsung kepada pihak keluarga menggunakan semua fasilitas di sini. Hal itu dimaksudkan untuk kepentingan mereka seperti meminta kiriman uang dari keluarga di Rusia untuk pembelian tiket pesawat, namun mereka menolak dan ingin tetap ada di Jakarta sampai awal Agustus sekitar tanggal 1 atau 2,” jelasnya.

Dubes Galuzin secara tegas tidak membenarkan adanya berita yang beredar lewat jejarin Facebook.

“Kami secara cepat telah melakukan yang terbaik untuk mereka. Mereka yang menolak dan ingin tinggal sedikit lebih lama di Indonesia,” kata Galuzin.

Dimitrii Abdugafarov dan Aleksandra Kolesnikova berasal dari Moscow State University. Mereka melakukan penelitian sebagai salah satu syarat kelulusan mereka dengan judul “Permasalahan dan mendasar pengembangan tempat rekreasi Asia dan Russia: Analisis komparatif”

Dimitrii dan Aleksandra telah melakukan observasi di Kazakhstan, China, Vietnam, Thailand, dan Malaysia, hingga akhirnya mengalami kesialan di Indonesia.

Beredar foto kedua orang ini menggelandang di Stasiun Sudirman dan mengundang perhatian masyarakat. Kisah ini banyak dibagikan di Facebook.

Dimitri dan Aleksandra Dimitri dan Aleksandra1