Manor Racing Pecat Rio Haryanto, Sang Ayah Langsung Syok

102

Rio Haryanto – Menyetor setengah dari kewajiban 15 juta euro untuk bisa menjadi pembalap di Manor Racing. Masih ada kekurangan sekitar 7 juta euro dan manajemen Rio kesulitan mencari sponsor lagi. Tim Formula 1 Manor Racing akhirnya mengambil keputusan memutus kontrak pembalap asal Indonesia Rio Haryanto. Keputusan ini diambil karena Rio tak mampu melunasi kewajiban di kontraknya berupa sisa pembayaran uang sponsor.

Orangtua Rio Haryanto di Solo, Jateng, mengaku sangat kecewa terhadap keputusan Manor Racing yang memutus kontrak Rio dan mengganti posisi Rio di tim Manor Racing dengan pebalap lain.

“Rasanya klenger (kelengar alias pingsan),” kata ayah Rio, Sinyo Haryanto, ketika diwawancara TribunSolo.com melalui ponsel, Rabu (10/8/2016).

Sinyo di Solo kini dikenal sebagai pengusaha buku tulis, yakni pemilik pabrik buku tulis Kiky.

Dahulu dia juga dikenal sebagai pebalap.

Sinyo mengaku tak bisa banyak berkomentar karena merasa sangat kecewa.

“Pusing,” ujar Sinyo.

“Selama ini kami sudah habis-habisan,” katanya.

Sinyo kemudian menyerahkan ponselnya kepada sang istri, Ny Indah Pennywati.

“Biar mamanya Rio saja yang berkomentar, saya mumet,” ujarnya.

Ibunda Rio kepada TribunSolo pun menyatakan sangat kecewa.

“Tentu saja saya kecewa,” ujarnya.

Namun ia pun mengaku maklum mengapa hal itu terjadi.

“Karena kita tak bisa memenuhi kewajiban,” kata Ny Indah Pennywati.

Setelah itu ia mengakhiri wawancara, dan menutup ponsel.

Namun Manor tetap menawarkan posisi sebagai pembalap cadangan kepada Rio dalam 9 seri tersisa balapan Formula 1 tahun 2016.

Direktur Balap Manor Racing, Dave Ryan mengatakan, Rio merupakan anggota tim yang sangat berharga sejak bergabung pada Januari lalu. “Beberapa waktu lalu, manajemen dia mengindikasikan kesulitan untuk memenuhi kewajiban berdasarkan kontrak setelah pelaksanaan Grand Prix Hungaria,” kata Ryan melalui siaran pers Manor Racing yang diterima merdeka.com, Rabu (10/8).

Ryan menambahkan, manajemen Rio sudah berupaya keras untuk memenuhi kewajiban kontrak tersebut, dan pihak Manor mendukung penuh dengan memperbolehkan Rio membalap di Grand Prix Jerman.

“Sayangnya, kami sampai pada keputusan, demi kebaikan tim, kami terpaksa memilih opsi (pembalap) lain di sisa musim balap,” jelasnya.

Meski memutus kontrak membalap Rio, Manor Racing tetap menawarkan posisi sebagai pembalap cadangan. “Kami sangat senang untuk terus mendukung ambisi Rio di Formula 1 dengan menawarkan posisi sebagai pembalap cadangan di sisa musim. Kami berharap tawaran tersebut diterima Rio,” ujar Ryan.

Sebagai pengganti Rio, Manor Racing telah menunjuk Esteban Ocon sebagai pendamping Pascal Wehrlein untuk mulai membalap di Grand Prix Belgia pada 28 Agustus mendatang. Esteban saat ini merupakan pembalap cadangan di tim F1 Renault Sport dan juga pembalap di tim Mercedes-AMG dalam kejuaraan DTM Championship.

“Dia merupakan salah satu rising star di F1, dan juga sangat bagus dalam perannya sebagai pembalap cadangan di Renault,” tutup Ryan.

Baca Juga

10 FOTO SEKSI SARAH NOON KEKASIH RIO HARYANTO

RIO HARYANTO MASUK 10 BESAR DALAM FP2 GP BAHRAIN

10 FAKTA MENARIK F1 GP AUSTRALIA 2016 SETELAH RIO HARYANTO GAGAL FINISH

Agen Poker
loading...