Bumi Bulat Atau Datar, Ini Penjelasan Dari Al-Qur’an

188
Bumi Bulat Atau Datar, Ini Penjelasan Dari Al-Qur’an

Akhir-akhir ini ada perdebatan yang kembali mengemukakan mengenai bentuk bumi, ada 2 kubu terkait hal ini yakni yang percaya bumi itu bulat dan yang percaya bumi itu datar. Terkait hal ini, Al-Qur’an menjelaskan mengenai bentuk bumi yang sebenarnya.

Bumi Bulat Atau Datar, Ini Penjelasan Dari Al-Qur’an

Mengenai bentuk bumi ini, dalam Al-Qur’an ditemukan mengenai bentuk bumi yang sebenarnya. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Az-zumar ayat 5 yang berbunyi: “Dia menciptakan langin dan bumi dengan (tujuan) yang benar; dia menundukan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”

Untuk kubu yang percaya bahwa bumi itu datar, mereka meyakini bahwa dalam ayat tersebut tidak terindikasikan bahwa bumi itu bulat. Namun ijma ulama berkata lain, telah ada kesepakatan bahwa tafsir ayat tersebut Bumi itu bentuknya bulat.

Hal ini dijelaskan atas ijma dari ulama bernama Ibnu Taimiyah dalam kalimat “tidak ada perselisihan diantara para ulama bahwa langit itu seperti bola. Demikian pula mereka telah bersepakat bahwa bumi ini dengan seluruh pergerakannya baik itu daratan maupun lautan seperti bola”.

Ijma merupakan sebuah metode yang digunakan ulama untuk mencapau sebuah kesepakatan, sebuah kesepakatan yang didasarkan pada Al-Qur’an dan juga Hadits dalam menetapkan suatu hukum ataupun perkara yang tengah terjadi.

Di lain sisi, mengenai perdebatan bentuk bumi datar atau bulat. Seorang kepala dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) bernama Thomas Djamaludin, beliu mengomentari masalah ini dengan mengatakan mengenai kepercayaan bahwa Bumi bentuknya datar termasuk ke dalam pseudo science atau sains semu.

Beliau menjelaskan mengenai pemahaman flat earth atau Bumi datar, sebuah pemahaman yang tergolong pseudo science yang dikemas seolah-olah ilmiah namun tidak memiliki dasar ilmiah sama sekali. Hal ini ditulis oleh Thomas sendiri dalam akun facebook-nya.

Selain itu, beliau juga mengatakan keterkaitan dalil Al-Qur’an merupakan tafsir lama. Thomas sendiri meminta masyarakat untuk mengabaikan pemahaman mengenai Bumi Datar ini dan menganggapnya hanya sebatas hiburan saja. Jadi semoga permasalahan mengenai bumi datar atau bulat ini tidak menimbulkan perpecahan diantara 2 kubu tersebut.