Upacara 17 Agustus Pertama Di Karimata

121

Melakukan travel di hari kemerdekaan, para traveler dapat belajar banyak terutama bagi yang travel ke wilayah Karimata. Karena di kepulauan ini, kita dapat menyaksikan upacara 17 Agustus untuk pertama kalinya diadakan di kepulauan ini.

Upacara 17 Agustus Pertama Di Karimata

Di berbagai kota besar yang ada di Indonesia mungkin upacara peringatan HUT RI ini sudah tidak asing dan sangat lumrah dilakukan, namun hal ini berbeda bagi masyarakat yang berada di kepulauan Karimata. Karimata merupakan salah satu kepulauan yang ada di Indonesia yang letaknya cukup terpencil.

Merayakan HUT RI yang ke-71 adalah sesuatu yang mewah bagi masyarakat sekitar atau hanya angan belaka, hal ini kemungkinan besar karena letak kepulauan ini jauh dengan ibukota. Bahkan di kepulauan ini, sinyal untuk komunikasi ataupun listrik sangat terbatas. Memang sangat miris jika dibayangkan, meski begitu hal ini tidak menjadi masalah besar bagi masyarakat.

Namun pada acara HUT RI yang ke-71, pulau Karimata untuk pertama kalinya melakukan peringatan upacara tersebut. Sebuah acara bertajuk Ekspedisi Nusantara Jaya Selat Karimata, pada 17 Agustus 2016 kemarin merupakan sebuah rangkain acara yang dilakukan guna mempersiapkan Sail Karimata di pertengahan Oktober.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Kayong Utara, Deputi Bidang SDM, Hildi Hamid, Iptek & Budaya Maritime, Safri Burhanuddin, dan juga ratusan pelajar serta mahasiswa setempat. Acaa in diadakan guna menyusun serta mempersiapkan pengibaran bendera merah putih, persiapan tersebut dilakukan karena masyarakat sebelumnya belum pernah melakukan acara pengibaran bendera.

Selain itu, acara kenaikan sang saka merah putih ini akan dihadiri oleh pemerintah setempat. Pengibaran bendera dilakukan di lapangan bola di desa Padang, dihadiri oleh ratusan pelajar serta anggota Brimob dan juga Basarnas. Antusias masyarakat yang ingin melakukan upacara 17 Agustusan ini sangat luar biasa, dihadiri oleh banyak pihak yang ikut hadir meramaikan acara serta ada hiburan yang disediakan oleh pemerintah.

Acara upacara di Karimata untuk pertama kalinya berlangsung dengan khidmat, tidak ada perbedaan dengan jalannya upacara yang dilakukan di kota besar. Meski begitu, kegiatan upacara ini merupakan kegiatan upacara kemerdekaan yang pertama kali dilakukan di kepulauan Karimata.