Cara Jitu Agar Celana Jeans Tetap Awet

117

Celana jeans merupakan salah satu jenis pakaian bawah yang seringkali digunakan oleh banyak orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Selain sebagai pelengkap berbusana, celana jeans ini juga dapat membuat tampilan lebih fashionable. Celana jeans ini tidak akan habis termakan tren terbaru, asal Anda dapat menjaga celana jeans ini tetap awet.

Cara Jitu Agar Celana Jeans Tetap Awet

Melakukan perawatan untuk celana jeans ini tidak begitu sulit, namun terkadang beberapa orang melakukan perawatan yang salah sehingga membuat celana ini cepat berubah warna, mengkerut, dan bahkan mengembang. Dilansir dari liputan6, ada 6 cara merawat celana jeans agar tetap awet.

1. Jangan dicuci terlalu sering
Terlalu sering mencuci celana jeans akan membuat warna celana jeans lebih cepat pudar, karena bahan celana jeans dirancang agar tahan debu dan minyak sehingga tidak terlalu perlu sering mencuci jenis celana ini.

2. Saat mencuci gunakan air dingin
Meski dibilang jangan terlalu sering mencuci celana jeans, namun celana jeans terkadang harus dicuci. Namun ketika mencuci pastikan untuk tidak menggunakan air panas, air dengan suhu ruangan atau air yang cenderung dingin akan lebih dapat mempertahankan warna celana jeans.

3. Cuci menggunakan tangan
Mesin cuci memang alat pencuci yang sangat praktis, namun lebih baik menggunakan tangan untuk mencuci celana jeans. Hal ini dilakukan guna mempertahankan keawetan dari material celana jeans itu sendiri, gunakanlah detergen ringan agar dapat menyingkirkan debu dan minyak. Kucek secara lembut dan tidak perlu disikat.

4. Keringkan dengan cara manual
Jangan coba mengeringkan celan jeans dengan menggunakan mesin pengering, keringkang celana jeans di tempat yang tidak terkena sinar matahari agar warna selalu awet.

5. Jangan menggunakan bleaching
Celana jeans dengan warna yang terang jika menggunakan belaching, hal ini akan membuat material jeans cepat rusak dan juga memudarkan warna celana jeans itu sendiri.

6. Menghilangkan bau menggunakan oven
Karena jarang dicuci, Anda dapat menghilangkan bau tak sedap dengan memasukannya ke dalam oven. Bakteri penyebab bau akan hilang dengan sekejap, selain itu warna celana jeans akan tetap awet.