Berkunjung Ke Kerajaan Rusa Di Jepang

109

Liburan ke negri Sakura adalah salah satu cita-cita banyak orang, karena Negara yang satu ini memiliki keindahan dan keragaman budaya yang cukup unik tidak kalah dengan Negara Indonesia tercinta. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke sana, jangan kaget atau terheran-heran bila menemukan banyak rusa yang tengah berkeliaran di taman atau jalan raya.

Berkunjung Ke Kerajaan Rusa Di Jepang

Kabar baiknya, rusa yang berkeliaran di taman atau jalan raya di Negara Jepang dengan jumlah ribuan ini memang hidup bebas di Negara tersebut. Khususnya untuk kota Nara, karena kota ini membebaskan rusa untuk berkeliaran di wilayahnya. Nara sendiri dihuni oleh sekitar 1.200 rusa, sebagian besarnya hidup berkeliaran di Nara Park yang bagaikan sebuah kerajaan untuk hewan yang satu ini.

Dalam agama Shinto, hewan rusa memang diyakini sebagai hewan utusan para dewa. Sehingga hewan tersebut dianggap sakral oleh penduduk di kota Nara. Untuk mencapai Nara Park cukup mudah saja, jika dari stasiun Nara bisa langsung naik bus wisata dan turun di pemberhentian Nara Park.

Rusa yang bebas berkeliaran di Nara Park memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, lokal, maupun wisatawan mancanegara khususnya. Hewan ini memang jinak terhadap turis sekalipun, agar tetao lebih aman tanduk rusa yang berada di wilayah tersebut dipotong.

Pemotongan tanduk rusa tidak sembarang dilakukan, sebelumnya dilakukan upacara pemotongan tanduk yakni Shika no Tsunokiri. Para traveler juga bisa menyaksikan acara pemotongan tanduk rusa yang digelar satu tahun sekali ini. Tentu momen ini menjadi momen yang menarik bagi wisatawan.

Jika Anda ingin memberi makan rusa, hal ini diperkenankan. Di Nara Park sendiri banyak orang yang menjual makanan untuk rusa. Harga untuk makanan rusanya sendiri berkisar 150 yen saja, Anda sudah mendapatkan produk makanan untuk diberikan pada rusa tersebut.

Jika Anda memegang makanan, sebaiknya jangan kaget bila entah darimana rusa-rusa datang dengan tiba-tiba untuk mendekati Anda. Rusa menjadi agresif terkadang ketika mendekati orang yang memegang makanan, jangan panik dan berikan saja makanan tersebut ke rusa secara perlahan-lahan.