4 Alat Masak Dengan Potensi Membahayakan Kesehatan

70

Memasak merupakan pekerjaan yang kerap kali dilakukan oleh ibu rumah tangga, namun saat ini kaum pria juga seringkali berkecimpung di dapur untuk memasak berbagai menu makanan untuk keluarganya. Ada banyak peralatan yang digunakan untuk kegiatan masak memasak ini, mulai dari peralatan modern sampai peralatan tradisional.

4 Alat Masak Dengan Potensi Membahayakan Kesehatan

Sebelum membeli peralatan untuk masak memasak, tidak ada pertimbangan khusus yang biasanya dilakukan. Bisanya ibu rumah tangga hanya membeli alat masak yang sekiranya tahan lama dan dapat digunakan. Namun, ternyata sebelum membeli perlengkapan masak memasak. sebaiknya ibu memperhatikan label batas aman penggunaan yang dianjurkan.

Berikut ini ada beberapa alat masak yang jika diperlakukan tidak benar, hal tersebut dapat membahayakan untuk kesehatan.

Talenan plastik
Talenan plastik telah banyak menuai perdebatan yang panjang, manakah yang lebih aman antara talenan plastik dan talenan kayu. Talenan plastik memiliki kandungan bahan kimia, sedangkan talenan kayu menyimpan banyak bakteri dan juga kuman. Pada dasarnya kedua perlengkapan masak ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, baik itu talenan kayu ataupun talenan plastik.

Talenan plastik merupakan perlengkapan dapur yang sangat mudah dibersihkan, hanya saja lebih rentan terkena goresan pisau dan hal ini dapat menimbulkan berbagai bakteri seperti halnya talenan kayu. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya talenan plastik dilakukan pembersihan secara rutin menggunakan cairan klorin dan juga air. Jika goresan sudah terlalu banyak, sebaiknya beli talenan plastik yang lebih baru.

Plastik dengan kandungan BPA
Bisphenol A atau BPA merupakan zat kimia industri yang seringkali digunakan pada pembuatan plastik, selain itu zat ini juga digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan botol air minum plastik. Tentunya zat kimia yang satu ini sangat berbahaya. Jika ingin aman, gunakan produk plastik dengan label BPA-free.

Stainless steel dengan banyak goresan
Stainless steel aman saat kondisi mulus, namun tidak jika memiliki banyak goresan. Hal ini dikhawatirkan kandungan zat besi, nikel, dan juga keomium dapat mencemari makanan.

Wajan anti lengket
PTFE poliner sintentik merupakan bagian besar yang terdapat pada wajan anti lengket, sangat berbahaya jika terpapar panas terlalu tinggi karena jika dikonsumsi akan mengganggu sistem imun. Gunakanlah wajan anti lengket tidak lebih dari 5 menit.

Agen Poker
Loading...