Planet Pengganti Bumi Kini Ditemukan Astronom

94

Planet Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh manusia, meski begitu saat ini kondisi Bumi sudah semakin kritis dan sesak dipenuhi oleh manusia. Oleh karenanya, banyak para peneliti melakukan berbagai penelitian untuk mencari planet lain yang memiliki potensi agar dapat dihuni oleh manusia sebagai pengganti Bumi.

Planet Pengganti Bumi Kini Ditemukan Astronom

Kali ini para astronom berhasil menemukan sebuah planet yang memiliki ukuran sama dengan Bumi, selain itu planet ini memiliki potensi untuk menopang kehidupan umat manusia. Planet yang berpotensi dihuni oleh manusia ini bernama Proxima b, unit pergerakannya sendiri berada di orbit Proxima Centauri dengan jarak 4,2 tahun cahaya jika dilihat dari sistem dolar Bumi.

Planet yang satu ini ditemukan dengan menggunakan sebuah perangkat dari ESO (European Southern Observatory), namanya La Silla High Accuracy Radial berlokasi di Chili. Berita ini dikutip dari Okezone yang dilansirnya dari Space pada Jum’at tanggal 25 Agustus 2016, Proxima b berada di zona yang memungkinkan dihuni oleh manusia pada orbit Proxima Centauri.

Meski demikian halnya, namun para astronom tidak menjamin bahwa planet yang satu ini sanggup untuk menopang manusia di masa depan. Mereka sendiri masih belum mengetahui atmosfer dan juga elemen pembentuk dari planet yang satu ini. Burce Macintosh seorang professor fisika dari Universitas Standford mengemukakan, planet ini jika dilihat dari sistem tata surya kita memiliki ukuran kecil atau sebagian besarnya terbuat dari batu.

Meski begitu, Bruce sendiri masih belum benar-benar mengetahuinya. Tambahnya lagi, keadaan Proxima b ini masih belum dapat diketahui secara pasti menyerupai planet mana. Masalah faktor planet ini kemungkinan dapat dihuni adalah orbit Proxima Centauri sejenis bintang yang cukup aktif. Jaraknya sendiri hanya sekira 5 persen dari jaral Bumi dengan matahari.

Dilihat dari faktor di atas, aliran X-ray sekitar 100 kali lebih besar dibandingkan aliran yang diterima oleh Bumi dari matahari. Masih belum diketahui apakah Proxima b memiliki medan magnet layaknya Bumi, sebagai pelindung level radiasi eksoplanet.

Jika planet ini tidak memiliki atmosfer, suhu yang berada disana menjadi lebih dingin dengan perkiraan temperature mencapai – 40°F. Namun jika kemungkinan sebaliknya, planet ini memiliki sumber air pada permukaannya yang menjadi tanda bahwa manusia dapat menghuni planet ini.

Agen Poker
loading...