Cara Menghemat Baterai Untuk Smartphone Android

119

Ketika menggunakan smartphone terlalu sering atau ketika menggunakan banyak aplikasi dalam smartphone, biasanya hal ini akan membuat baterai smartphone lebih cepat habis. Untuk smartphone dengan kondisi baru mungkin tidak masalah menggunakan banyak aplikasi, karena bisanya smartphone baru baterainya lebih tahan lama.

Cara Menghemat Baterai Untuk Smartphone Android

Namun yang jadi masalah adalah ketika smartphone sudah berumur cukup tua, terutama untuk smartphone Android yang terkenal boros baterai. Untuk mengatasi hal semacam ini, tentunya ada beberapa cara yang dapat digunakan agar smartphone dapat bertahan lama. Berikut ini ada 5 cara atau tips agar baterai smartphone Android dapat tahan lama.

5 Cara Agar Baterai Smartphone Tidak Boros

Hapus aplikasi yang sekiranya tidak digunakan
Baterai smartphone sering atau cepat habis dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang aktif, hal ini menjadikan daya smartphone banyak terkuras. Jika ada beberapa aplikasi yang sekiranya tidak digunakan atau tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Lebih sedikit aplikasi yang dimiliki, hal ini akan membuat daya tahan baterai lebih lama.

Matikan konetivitas, GPS, dan lainnya
Jika sednag tidak menggunakan layanan data dan smartphone didiamkan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya matikan konektivitas layanan internet yang ada. Ketika konektivitas seperti wifi, data, atau hotspot aktif, hal ini akan menguras baterai smartphone Anda dan membuatnya cepat habis. Ada baiknya Anda menggunakan mode terbang untuk memastikan konektivitas tidak berjalan.

Kecerahan layar
Jika ingin baterai smartphone tidak cepat habis, sebaiknya Anda mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan yang dibutuhkan. Tingkat kecerahan layar yang tinggi akan mengurai daya baterai pada smartphone, sesuaikan kecerahan layar dengan yang dibutuhkan.

Aktifkan mode malam / night mode
Dengan menggunakan mode malam, hal ini akan membuat ponsel tampak gelap pada skema warna. Dengan cara ini Anda dapat menurnkan konsumsi baterai. Untuk Google N sendiri memiliki modus yang satu ini, selain itu aplikasi twitter juga menawarkan fitur yang satu ini.

Matikan Sinkronisasi
Ada beberapa aplikasi yang melakukan syncing data secara rehuler, hal ini akan membuat daya baterai cepat habis. Pada dasarnya, pengguna dapat melakukan sinkronisasi secara manual, agar terkontrol dan juga tidak menguras daya baterai.