Danau Togo Motonu Di Buton, Tentang Legenda Kampung Yang Tenggelam

106

Togo Motonu merupakan bahasa asal Buton, Togo sendiri berarti “kampung” dan Tono berarti “tenggelam”. Togo Motonu ini adalah perkampungan yang letaknya berada di dalam hutan di Kabupaten Buton (Sulawesi Tenggara), sebuah perkampungan yang saat ini tenggelam dan menjadi sebuah danau.

Danau Togo Motonu Di Buton, Tentang Legenda Kampung Yang Tenggelam

Menurut legenda setempat yang dipaparkan oleh Alimudin, pria yang merupakan warga asli Buton ini menyebutkan bahwa di desa tersebut dahulu kala hiduplah sebuah kaluarga. Masalahnya anak-anak mereka melakukan sebuah kesalahan fatal, kesalahan ini merupakan kesalahan melanggar hukum adat dari desa tersebut.

Kesalahan fatal yang dilakukan anak-anak tersebut adalah menikah dengan saudara kandungnya sendiri, hal ini menurut adat setempat merupakan tindakan yang tidak diperbolehkan untuk menikahi saudara sedarah. Ketika pernikahan tersebut terjadi dan sedang berlangsung, kampung atau desa itu terus menerus dibasahi dengan air hujan tanpa ada sebab yang jelas.

Hujan tersebut turun selama 7 hari tanpa henti, hal ini membuat kampung tersebut tenggelam dan akhirnya menyisakan danau di dalam hutan. Saat ini, danau legenda kampung tenggelam ini diberinama dengan Togo Motonu yang artinya “kampung tenggelam”. Sampai saat ini, danau ini menjadi salah satu dari banyak objek wisata yang terdapat di kabupaten Buton.

Untuk akses menuju danau yang berada di tengah hutan tersebut memang masih sulit, setidaknya Anda memerlukan kendaraan pribadi untuk perjalanan yang waktu tempuhnya berkisar 1 setengah jam dari kota Baubau. Meski begitu, ketika sampai di danau tersebut Anda akan disambut dengan pemandangan yang setimpal dengan kesulitan perjalanan yang dijalani.

Udara di tempat tersebut tentu masih bersih, karena ada banyak jejeran pohon yang tinggi membuat kawasan ini terbilang masih perawan. Menurut paparan warga sekitar, danau tersebut tidak pernah surut meski pada musim kemarau. Dengan adanya hamparan pepohonan, membuat pemandangan danau ini semakin asri dan indah.

Selain itu, Togo Motonu juga dikelilingi dengan bukit di sepanjang mata memandang. Ke depannya, pemerintah kabupaten Buton ini akan berencana untuk mengembangkan destinasi wisata tersebut karena memang danau ini memiliki potensi wisata yang menarik bagi wisatawan salah satunya dengan mendirikan home stay.