Gua Gong Pacitan Dengan Pesona Kilau Batunya - Infotainment News Online Terkini

JagatWisata

Gua Gong Pacitan Dengan Pesona Kilau Batunya

By

on

Berlibur di akhir pekan adalah hal yang dinantikan setiap orang, namun kadang ada banyak kendala yang kerap kali dihadapi seperti berlibur ke tempat mana yang paling tepat. Jika Anda tengah berada di wilayah Jawa Timur, Salah satu tempat wisata Gua Gong menjadi salah satu lokasi andalan yang dapat dikunjungi.

Gua Gong Pacitan Dengan Pesona Kilau Batunya

Tempat wisata yang satu ini berada di kabupaten Pacitan Jawa Tmur, merupakan goa batu yang di setiap ruangannya memiliki keindahan eksotika yang tinggi. Batu kapur yang ada di tempat ini merupakan batu kapur yang tumbuh dari bagian atas dan menuju dasar gua (stalaktit) menjuntai layaknya tirai dalam rumah.

Stalakmit yakni batu kapur yang menjuntai ke atas juga terlihat memiliki keindahan yang eksotis. Selain itu, paduan cahaya dari lampu yang berwarna warni seperti hijau, merah, biru, dan putih menyala secara bergantian yang membuat keindahan Goa Gong menjadi lebih sempurna.

Pemandangan yang ada di Goa Gong terdapat dalam 7 ruang gua, setiap ruangannya menggunakan pembatas pintu yang berongga dan juga menyempit. Untuk dapat menelusuri 7 ruangan ini, ada jalur memutar yang panjangnya yakni 520 meter. Mayoritas rute berupa turunan yang dilengkapi dengan besi stainless steel untuk pembatas kiri dan kanannya.

Selain itu, ada 6 blower yang dapat menyemburkan hawa dingin telah terpasang di beberapa titik. Sehingga ketika menikmati pemandangan dan keindahan dalam gua, Anda tidak akan merasa kepanasan. Ruangan pertama dalam gua, terdapat taman bidadari yang memiliki batuan lancip dan juga tidak beraturan. Titik ini merupakan titik paling dekat dengan stalakmit dan stalaktit yang menyerupai sedotan.

Ruang kedua, ada gundungan batu yang permukaannya tidak rata. Di ruangan ketiga ada stalaktit besar yang tumbuh sampai ke dasar gua, sebutannya adalah “Selo Dudur Langit”. Sedangkan pada ruangan keempat juga terdapat batu penyangga, sebutannya “Selo Citra Cipta Agung”. Bentuknya sendiri sangat indah, warnanya lebih putih jika dibandingkan pilar di ruang ketiga.

Pada ruangan kelima, terdapat 4 sumber mata air bernama Sendang Kamulyan. Sedangkan di ruang keenam, terdapat Sendang Larung Nista. Selain itu ada juga Sendang Jampi Raga di ruang ketujuh, ruang ketujuh ini juga menyediakan keindahan stalaktit namanya Cenger Bumi yang bila dipukul dapat mengeluarkan suara seperti gong gamelan Jawa.