Cara Mudah Mengembalikan Warna Emas Agar Tidak Kusam - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

Cara Mudah Mengembalikan Warna Emas Agar Tidak Kusam

By

on

Biasanya banyak orang yang menggunakan perhiasan emas pada saat acara tertentu, seperti ke pesta pernikahan, kumpul arisan, pesta keluarga, ataupun acara formal lainnya. Dalam acara jenis tersebut memang tidak harus menggunakan, namun menggunakan perhiasan akan membuat tampilan lebih sempurna. Setelahnya, banyak orang menyimpan perhiasan ini agar tetap awet dan juga warnanya tetap kinclong.

Cara Mudah Mengembalikan Warna Emas Agar Tidak Kusam

Meski begitu setelah lama digunakan atau disimpan, biasanya jenis perhiasan emas akan mengalami kepudaran atau kusam pada warnanya. Hal ini membuat perhiasan tersebut telah kehilangan sedikit warnanya dan terlihat tidak menarik, namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cara berikut ini.

1. Masukan beberapa tetes sabun cuci piring dalam mangkuk yang berisi air hangat sedang, campurkan dengan perlahan. Sebenarnya bagus juga menggunakan air keran, namun untuk hasil maksimal dapat menggunakan air soda yang bebas sodium. Harap diperhatikan agar tidak menggunakan air panas atau mendidih, terutama untuk perhiasan dengan kandungan batu mulia yang rentan akan suhu.
2. Rendam perhiasan kusam Anda dalam larutan tersebut, diamkan sekitar 15 menit.
3. Gosok perhiasan emas tersebut dengan lembut, dapat menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut. Gosok pada setiap bagian perhiasan, beri perhatian khusus untuk sudut dan juga celah yang ada pada emas agar setiap kotoran dapat dibersihkan tanpa sisa. Semakin lembut sikat yang digunakan, maka akan semakin baik. Bulu sikat yang kasar akan menggores perhiasan emas dan bahkan meninggalkan bekas.
4. Bilas untuk perhiasan emas yang telah digosok dengan menggunakan bulu sikat lembut tadi dalam air hangat, pembilasan yang dilakukan dengan baik akan sangat membantu menghilangkan sisa kotoran dalam lapisan emas. Pastikan bahwa air yang digunakan adalah air hangat, bukan air panas.
5. Untuk mengeringkan perhiasan emas, sebaiknya mengeringkan dengan menggunakan kain yang lembut. Setelahnya Anda dapat membiarkan emas tetap berada pada handuk kering, tujuannya agar perhiasan emas kering sempurna oleh udara sebelum digunakan kembali. Jika perhiasan masih basah, sebaiknya jangan digunakan dahulu karena dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit Anda.