Mencegah Flu Dengan Berwudhu Setiap Hari

127

Wudhu merupakan kegiatan wajib yang seringkali dilakukan ketika akan menunaikan ibadah solat, selain itu kegiatan berwudhu juga dapat dilakukan setiap hari tanpa ada alasan yang mewajibkannya. Wudhu ini adalah kegiatan mencuci atau membasuh bagian tubuh tertentu dengan menggunakan air bersih dan suci, umat muslim wajib melakukan hal ini utamanya ketika akan menunaikan berbagai amalan wajib.

Mencegah Flu Dengan Berwudhu Setiap Hari

Berwudhu biasanya dilakukan dengan berkumur sampai dengan membasuh kedua belah kaki yang tentunya ada niat tertentu di dalamnya, ada banyak manfaat yang didapat seseorang dengan berwudhu ini seperti dapat menghaluskan dan melembapkan kulit. Selain manfaat tersebut, masih ada manfaat lain berwudhu diantaranya:

Menghilangkan kotoran dan debu
Dengan melakukan kegiatan wudhu rutin setiap hari, minimalnya adalah 5 kali sehari tentunya Anda akan terhindar dari kotoran dan juga debu yang menempel di kulit bagian luar tersebut. Hal ini tentunya akan menjadikan kulit akan tetap mulus dan juga terasa lembut, selain itu kulit juga akan terasa segar sepanjang hari.

Mencegah flu
Dalam wudhu ada sebuah kegiatan menghirup air ke dalam hidung dan mengeluarkannya kembali, hal ini dimaksudkan agar baik luar maupun dalam kita tetap bersih dan menghilangkan najis. Dengan kegiatan yang satu ini, dapat mencegah debu dan juga kuman selama penapasan terperangkap di dalam hidung. Dengan membersihan hidung dengan baik dan benar, hal tersbeut akan membuat kita terhindar dari penyakit flu.

Membersihkan kotoran dalam telinga
Mencuci telinga merupakan salah satu kegiatan dalam berwudhu, dengan mencuci telinga ini akan membantu dalam menghilangkan berbagai jenis kotoran yang ada di dalamnya. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya infeksi yang sangat berbahaya bagi telinga.

Wudhu merupakan kegiatan wajib dan harus dilakukan saat umat muslim akan menunaikan ibadah sholat utamanya, salah satu kegiatan yang satu ini menjadi nilai tambah ibadah yang lebih baik pelakunya. Segala sesuatu yang diperintahkan tentunya memiliki makna dan tujuan yang tidak akan merugikan, termasuk di dalamnya melakukan kegiatan wudhu ini. Hal ini seperti yang dilansir dari Prayerinislam.