Patung Mistis Sigale-Gale Di Danau Toba

71

Danau toba merupakan salah satu danau yang ada di Indonesia, ada banyak hal menarik yang dapat ditemui di danau ini salah satunya yakni patung mistis sigale-gale. Patung unik dan juga menarik ini dapat dilihat dalam sebuah karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Patung yang dikenal dengan cerita mistisnya ini dapat disaksikan secara gratis dalam karnaval tersebut.

Patung Mistis Sigale-Gale Di Danau Toba

Cerita mistis yang terdapat dalam patung ini, kabarnya patung sigale-gale ini dapat menari sendiri. Patung sigale-gale dapat disaksikan di Pulau Samosir, selain itu patung ini juga menjadi salah satu acara yang paling dicari dan diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke danau Toba.

Patung Sigale-gale merupakan sebuah patung yang berupa boneka kayu, tujuan dari pembuatan patung ini awalnya dibuat untuk membuat raja Rahat bahagia. Raja Rahat merupakan seorang raja di salah satu kerajaan yang terdapat di pulau Samosir. Pada masa kerajaannya, Raja Rahat memiliki seorang putra mahkota dengan nama Raja Manggale.

Mengenai cerita mistis patung digale-gale ini juga hidup di dalam benak masyarakat Batak Toba, kisahnya sendiri dipenuhi dengan teka-teki dan berlangsung sejak lama sekali. Cerita merupakan karya budaya, kisah ini sudah ada sejak turun temurun dan memang telah dipercaya oleh masyarakat.

Selain hanya sebuah cerita, tentunya ada hikmah dibalik penuturan cerita tersebut termasuk legenda sigale-gale ini. Hal ini sesuai dengan yang dituturkan oleh Menteri Pariwisata yakni Arief Yahya. Cerita rakyat yang telah melegenda ini memang nyata terjadi ataupun hanya rekaan semata saja, hal ini telah terjadi selama bertahun-tahun yang memiliki nilai jual tinggi jika pengemasannya dilakukan dengan baik.

Untuk dapat menyaksikan situs peninggalan budaya Toba ini, pengunjung yang kebetulan sedang melakukan wisata ke tempat in dapat menyaksikan dengan mengunjungi Desa Tomok. Desa ini merupakan desa awal mula munculnya legenda sigale-gale, untuk lokasinya sendiri tidak jauh dari Parapat. Pengunjung cukup melakukan penyebrangan selama 1 jam dengan menggunakan kapal Ferry untuk mencapai desa Tomok, yang merupakan destinasi wisata untuk budaya Indonesia tentang boneka sigale-gale.

Agen Poker
loading...