Planet Mirip Matahari Pancarkan Gelombang Suara Alien

71

Alien merupakan salah satu makhluk hidup yang sampai saat ini masih membingungkan mengenai kehadirannya, meski begitu tidak sedikit masyarakat yang mempercayai mengenai keberadaan alien ini. Meski begitu, penampakan mengenai alien ini masih menjadi misteri dan juga belum ada bukti fisik yang sangat mendukung mengenai keberadaannya.

Planet Mirip Matahari Pancarkan Gelombang Suara Alien

Namun baru-baru ini muncul sebuah gelombang suara, gelombang ini muncul dari sebuah planet yang memiliki kemiripan dengan matahari. Gelombang suara yang ditangkap tersebut menurut dugaan berasal dari makhluk luar angkasa, planet yang memiliki kemiripan dengan matahari ini dikenal dengan HD 164595 yang berada pada konstelasi Herkules yang memiliki jarak 95 tahun cahaya.

Setelah mengetahui mengenai keberadaan suara yang muncul dari planet tersebut, para ilmuan kemudian melakukan konsultasi ke SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence). Konsultasi ini tujuannya adalah untuk mengetahui mengenai kebenaran suara tersebut, apakah merupakan sebuah pesan dari alien.

Dilansir dari situs okezone yang diambil dari laporan Paul Gilster dari Centauri Dream yang dilansirnya dari Daily Mail, sinyal yang pertama kali terdengar di tanggal 15 Mei 2015 lalu ini tertangkap menggunakan radio teleskop bernama RATAN-600 berlokasi di Zelenchukskaya. Meski demikian, para ilmuan sendiri menduga bahwa suara yang muncul adalah hasil dari fenomena alam layaknya microlensing.

Microlensing merupakan sinyal gravitasi planet lebih kuat dan fokus dari arah mana saja yang berlaku secara acak. Gilster sendiri mengungkapkan bahwa tidak ada seorangpun yang melakukan klaim bahwa gelombang suara ini berasal dari perbuatan masyarakat ekstraterestrial (alien), meski begitu hal ini sangat penting untuk dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

Planet dengan kode HD 164595 ini adalah planet yang sangat menarik untuk para ilmuan, pasalnya planet yang satu ini memiliki kemiripan yang sangat dengan matahari. Selain itu, planet tersebut juga memiliki tingkatan suhu yang hangat layaknya planet Neptunus pada orbitnya.

Untuk suhu rata-ratanya sendiri memiliki temperature sampai 12 kelvin, suhu ini dikatakan merupakan suhu yang lebih panas jika dibandingkan matahari yang sekiranya 100 juta tahun lebih muda. Pihak SETI dikabarkan akan melakukan pelacakan di planet HD 164595 mulai malam waktu setempat, pelacakan dengan menggunakan teleskop Allen Telescope Array berlokasi di bagian selatan California dan juga Boquete Optical SETI Obervatoy berlokasi di Panama.