Teknik Unik Antara Panggang Ala Spanyol Dan Padang

98

Makanan nusantara memang memiliki ciri khas tersendiri, baik dari cara pengolahannya maupun penyajiannya. Dalam wisata kuliner, tentu kita mengenal berbagai teknik memasak seperti halnya teknik memanggang. Salah satu teknik memang seringkali menjadi teknik memasak makanan yang banyak digunakan.

Teknik Unik Antara Panggang Ala Spanyol Dan Padang

Teknik mengolah makanan dengan cara pemanggangan ini sangat banyak diterapkan di seluruh bagian Negara, tentunya dengan ciri khas teknik memanggang yang berbeda-beda. Seperti contohnya teknik memanggang yang dilakukan di Indonesia dan Spanyol, kedua Negara ini memang memiliki teknik memanggang berbeda terutamanya untuk jenis masakan Padang.

Perbedaan mengenai teknik memanggang ini bahkan diakui oleh 3 siswa akademi kuliner yang berasal dari Spanyol, siswa ini merupakan siswa yang tengah mendalami ilmu mengenai masakan Indonesia terutama jenis masakan Padang – Sumatera Barat. Teknik yang digunakan pada masakan Padang untuk memanggang lebih pada feeling, dibandingkan dengan menggunakan takaran waktu ataupun tingkat panas.

Para siswa akademi asal Spanyol ini penasaran akan teknik grill yang dilakukan pada masakan Indonesia, khususnya untuk teknik memanggang pada masakan Padang. Di Spanyol, teknik yang digunakan untuk memanggang memiliki aturan yang beragam mulai dari suhu, waktu. Sedangkan untuk teknik memanggang khususnya masakan Padang ini hanya menggunakan feeling saja, hal ini diutarakan oleh Chef Marco.

Chef Marco merupakan pria yang berdarah asli Padang ini, beliau menjelaskan dalam mengolah masakan panggang yang umumnya dilakukan di Indonesia untuk caranya sendiri hanya menggunakan teknik tradisional saja. Jadi teknik pengolahan di Indonesia yang khususnya memanggang ini tidak ditentukan besar suhu dan juga waktu, karena waktu yang diperlukan untuk memanggang tergantung suhu yang digunakan.

Chef Marco juga menjelaskan, di Indonesia ketika mengolah makanan dengan cara pemanggangan ini menggunakan bara api. Jadi akan sulit menentukan atau mengatur suhu, karena besar api yang digunakan setiap saat berbeda-beda.

Dalam mengolah makanan Indonesia, feeling yang kuat sangat diperlukan ketika menentukan apakah makanan sudah benar-benar matang ataukah belum. Memang hal ini sangat sulit dilakukan, namun jika dilatih terus menerus nantinya akan terbiasa.