Sadis, Penyataan PM Prancis Tuai Kritikan Karna Merendahkan Hijab

149

PM Prancis – Manuel Valls menuai kritikan usai memberi pernyataan payudara yang telanjang lebih mewakili Prancis ketimbang hijab. Pernyataannya semakin membuat panas isu larangan burkini di Negeri Anggur. Burkini ialah pakaian renang wanita yang tertutup.

Perdana Menteri Prancis Manuel Valls berbeda pandangan dengan menteri pendidikan karena dia mendukung wali kota yang memberlakukan larangan burkini di pantai.

Dalam pidato tadi malam dia memuji payudara telanjang Marianne, perempuan simbol nasional Republik Prancis.

“Marianne punya payudara telanjang karena dia memberi makan rakyat! Dia tidak berkerudung karena dia merdeka! Itulah republik!” kata dia berapi-api, seperti dilansir koran the Guardian, Selasa (30/8).

Komentar Valls semacam ini sontak mendapat reaksi dari sejumlah politisi, sejarawan, dan kaum feminis.

Mathilde Larrere, sejarawan revolusi Prancis dan kewarganegaraan dalam akun Twitternya menanggapi Vals.

“Marianne bertelanjang dada itu adalah kiasan,” kata dia.

Sejarawan lain mempertanyakan wawasan Valls tentang sejarah republik Prancis. Sosok Marianne secara resmi menjadi simbol Republik Prancis pada 1848 setelah jatuhnya monarki. Gambar Marianne hingga kini masih muncul dalam dokumen resmi, termasuk di perangko.

Sejarawan Mathilde Larrere mengatakan bahwa lukisan Marianne yang bertelanjang dada adalah sebuah kiasan. Bahkan, itu merupakan sindiran klasik yang menggambarkan sejarah revolusi Prancis.

lukisan Marianne
lukisan Marianne

Banyak pertanyaan yang datang dari sejarawan mengenai pemahaman Valls terhadap sejarah Prancis. Sosok Marianne memang pernah secara resmi menjadi simbol Prancis pada 1848, setelah pemerintahan monarki jatuh.

Politisi Cecile Duflot mengatakan pujian Valls terhadap gambar Marianne dengan dada terbuka adalah hal yang menyedihkan. Menurutnya, itu menggambarkan situasi di mana beberapa politisi Prancis saat ini yang dengan mudah memandang rendah perempuan.

Baca Juga

NIKITA MIRZANI SERANG NETTER KARNA SEBUT PAYUDARANYA KENDUR

INIDIA FOTO-FOTO ROGOH PAYUDARA DARI BELAKANG YANG SEDANG TREND DI CHINA

INIDIA FOTO-FOTO JIANG QING PEMENANG KONTES ‘PAYUDARA TERINDAH’ DENGAN UKURAN 34F