Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

By

on

Bagi ibu hamil tentu sangat penting untuk menjaga kondisi kehamilan untuk tetap dalam kondisi yang sehat dari mulai awal kehamilan hingga proses persalinan. Menjaga kehamilan untuk tetap sehat dengan kondisi badan yang juga mengalami perubahan diperlukan tips khusus untuk membuat tubuh, si ibu dan juga janin tetap dalam kondisi yang sehat dan tidak mengalami satu gangguan apapun.

Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Berikut Cara Menjaga Kehamilan

Trimester pertama
Masa awal kehamilan menjadi satu masa yang sangat berat yang dirasakan oleh ibu muda yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Penyesuaian kondisi tubuh akan membuat calon ibu bisa merasakan perubahan fisik yang dibarengi dengan mual dan bahkan bisa mempengaruhi kondisi psikologis pada si calon ibu.

Resiko keguguran pada trimester pertama yang juga sangat tinggi membuat calon ibu harus benar-benar memperhatikan tentang nutrisi, aktivitas dan memperhatikan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi. Membuat jadwal aktivitas yang lebih baik, mengelola emosi dan juga mengkonsumsi makanan terbaik pasti membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Trimester Kedua
Pada dasarnya saat trimester kedua ini hampir sama dengan apa yang harus calon ibu lakukan pada trimester pertama. Untuk menjaga badan dan juga janin untuk tetap sehat juga diperlukan pemeriksaan kehamilan yang rutin dan intentif untuk terus mengetahui tumbuh kembang sang janin. Selain itu, menjaga mood agar tetap terjaga dalam kondisi yang bahagia dan juga mengurangi akvitias yang terlalu berlebihan juga sangat dibutuhkan.
Kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan kebahagiaan namun tidak membahayakan seperti aktivitas-aktivitas ringan bisa tetap untuk dilakukan. Pengecekan dan pemeriksaan pada janin, plasenta, rahim juga dibutuhkan.

Trimester Ketiga
Saat trimester ketiga sudah dibutuhkan cara menjaga kehamilan yang lebih serius lagi. Memantau dan selalu memeriksa kondisi janin sangat diperlukan untuk membuat tubuh dalam kondisi yang baik. Kurangi aktivitas supaya tidak kelelahan dan mengikuti kelas ibu hamil bisa menjadi cara untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik dan membuat janin menjadi lebih sehat lagi.

Gunakan waktu istirahat dengan baik dan berada pada posisi yang baik juga sangat penting untuk membuat calon ibu tidak terlalu merasakan sakit pada punggung. Saat melakukan persiapan sebaiknya lakukan dengan biasa dan jangan terlalu kelelahan.

Recommended for you