Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil

37

Cara merawat mobil sangat diperlukan bagi anda yang memiliki kendaraan roda empat ini agar tetap prima. Walaupun anda tidak memiliki waktu untuk merawat mobil namun beberapa hal yang penting tidak boleh anda abaikan. Bukan hanya mobil yang sudah tua namun mobil barupun memerlukan perawatan secara rutin agar tetap prima. Terutama jika anda mobil anda adalah matic anda harus ekstra hati-hati dalam hal perawatannya.

cara-sederhana-merawat-mesin-mobil
1. Mengganti oli secara berkala
Cara merawat mobil yang pertama adalah mengganti oli secara teratur, karena mesin mobil sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini agar kondisi mobil selalu prima. Oli mesin harus dinganti secara teratur sesuai dengan standar masing-masing jenis mobil. Umumnya anda harus mengganti oli mobil setelah jarak 3000 sampai 5000 km.

2. Bersihkan filter dan cek cairan radiator
Cara merawat mobil yang berikutnya adalah membersihkan filter karburasi dari kotoran, karena kotoran pada filter dapat membuat mesin susah dihidupkan. Anda cukup membersihkan kotoran yang menempel dengan sikat gigi namun hindarilah menggunakan compressor atau hairdryer karena dapat merusak filter.

Raditor berperan penting dalam pendinginan mesin. Anda harus mengecek secara teratur cairan pada radiator jika tidak ingin mesin mobil anda rusak. Bahkan jika panas melampaui batas (overheat) bisa membahayakan pengemudi.

3. Pacu mobil anda
Cara sederhana merawat mobil anda adalah dengan memacu mobil karena mobil yang digunakan dalam jangka waktu yang lama mampu menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesin. Dengan memacu mobil kotoran yang menempel pada mesin bisa terbuang melalui knalpot. Tentu anda harus mengutamakan keselamatan saat memacu mobil anda agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Awet atau tidaknya kendaraan tergantung dari bagaimana kita merawatnya, agar mobil tidak mengalami kerusakan parah dan membuat anda harus merogoh kantong yang cukup dalam untuk biaya perawatan maka sebaiknya anda memperhatikan hal-hal seperti yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam merawat mesin mobil anda.