Jean Batten Google Doodle - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Jean Batten Google Doodle

on

Google doodle Hari Ini Memperingati 107 tahun Jean Batten. Siapakah Jean Batten? Pemasangan gambar seorang perempuan lengkap dengan pakaian pilot pada halaman pertama Google tak lepas dari penghormatan google kepada Jean Batten.

Jean Batten sendiri hari ini tepat usianya yang ke-107 dan dirayakan oleh google Doodle pada mesin pencarian.

jean-battens-107th-google-doodle

Apa yang istimewa dari Jean Batten sehingga menjadi tema google doodle Kamis, (15/9)? Berdasarkan catatan wikipedia,Jean Batten adalah seorang wanita penerbang pertama dunia yang mampu terbang melintasi benua. Penerbangan Jean Batten itu terjadi pada tahun 1936.

Rekor Penerbangan Jean Batten

  1. Tahun 1934, Penerbangan dari Inggris ke Australia (10.500 mil) ditempuh dalam waktu 14 hari 22,5 jam
  2. Tahun 1935, Penerbangan dari Australia ke Inggris ditempuh dalam waktu 17 hari 15 jam ;
  3. Tahun 1935, Penerbangan dari Inggris ke Brazil (5.000 mil), dengan waktu 61 jam 51 menit ;
  4. Tahun 1936, Penerbangan dari Inggris ke Selandia Baru (14.224 mil), ditempuh dalam waktu 11 hari 45 menit.

Jean Batten sukses menerbangkan pesawat dari Inggris menuju Selandia Baru dengan jarak tempuh sekitar 11 jam 45 menit. Penerbangan melintasi benua itu dilakukan Jean Batten sendirian tanpa ditemani teknisi atau pilot. Makanya Jean Batten kemudian dikenal sebagai wanita pertama yang mampu terbang sendirian antar benua. Dari Eropa ke Australia.

Dari sejumlah sumber, Jean Batten disebutkan meninggal pada usia 73 tahun akibat penyakit rabies. Tepatnya tanggal 22 November 1982.

Jean Batten dalam pakaiannya sebagai seorang penerbang wanita (Foto: wikipedia.org)

Jean Batten dikenang sebagai pemecah rekor penerbangan lintas benua. Pemilik nama lengkap Jean Gardner Batten mendapat anugerah gelar bangsawan dari kerajaan Inggris. Wanita yang pernah bergabung dalam Royal Air Force itu, kini menjadi tema google doodle global.

Kebesaran dan keberaniannya menjadi seorang pilot wanita, membuat Jean Batten diberi penghormatan khusus berupa napak tilas penerbangannya. Tahun 2012, Indonesia pernah disinggahi pesawat Dakota DC3, yang pernah digunakan Jean Batten terbang melintasi benua. Dakota DC3 pada 7 November 2012 membawa 11 penumpang dan mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Jean Batten menulis kisah penerbangannya dalam sebuah buku yang berjudul Alone in the Sky, My Life. Buku itu pernah menjadi buku wajib para siswa sekolah penerbangan selama beberapa tahun.

Itulah Jean Batten, google memasang gambarnya lengkap dengan pesawat yang membawanya menjelajahi udara dari Inggris ke Selandia Baru.

Recommended for you