Berbagai Mitos Soal Gula yang Harus Ibu Ketahui - Infotainment News Online Terkini

JagatHerbal

Berbagai Mitos Soal Gula yang Harus Ibu Ketahui

By

on

Gula menjadi salah satu musuh utama bagi para ibu. Ibu akan selalu mencegah anak-anak untuk mengkonsumsi makanan yang berbau dengan kandungan gula. Berbagai hal yang berhubungan dengan gula menjadi pertimbangan kenapa seorang ibu sangat kawatir dengan konsumsi gula ini. Hal ini dikarenakan adanya banyak hal yang berkembang dari gula yang bisa saja hal tersebut sebenarnya adalah mitos dan kurang benar.

berbagai-mitos-soal-gula-yang-harus-ibu-ketahui

Berikut Ini Mitos-mitos Soal Gula

Gula Sumber Racun
Salah satu alasan kenapa seorang ibu melarang anaknya untuk mengkonsumsi gula adalah ditakutkan anak menjadi sakit. Banyak yang beranggapan jika gula menjadi sumber racun dimana menyebabkan berbagai jenis penyakit. Padahal menurut penilitian bahwa sebenarnya gula menjadi satu jenis makanan yang tidak berbahaya asalkan dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Gula Penyebab Gemuk
Banyak juga yang beranggapan jika gula menjadi sumber dari terjadinya obesitas, padahal sebenarnya hal ini menjadi hal yang kurang benar dan juga merupakan mitos dari gula. Mengkonsumsi makanan yang manis memang bisa menjadikan tubuh menjadi gemuk, namun yang menyebabkan bukanlah gula melainkan kalori yang terkandung pada maanan tersebut.

Kalori ini menjadi tidak sehat karena kalori yang biasanya disandingkan pada makanan yang manis adalah kalori yang tidak mengenyangkan bagi tubuh. Sehingga, meskipun makan dalam jumlah yang banyak akan tetap membuat tubuh merasa tidak kenyang dan terus mengkonsumsi makanan lainnya.

Pemanis Alami Lebih Baik Dari Gula
Anggapan jika gula buatan memiliki dampak yang lebih buruk jika dibandingkan dengan pemanis alami juga merupakan mitos yang harus diluruskan. Penelitian juga menyebutkan jika kedua hal ini sebenarnya sama memberikan efek yang kurang baik jika dikonsumsi dengan jumlah yang terlalu banyak dan tetap menyehatkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Bahkan gula buatan seperti gula putih sama halnya dengan beragam jenis gula alami seperti madu, agave atapun sirup maple. Beberapa penlitian juga malah menemukan jika gula yang didapat dari sari buah malah justru membuat seseorang menjadi memiliki nafsu makan yang berlebih.