Inilah 2 Video Gol Berkelas Zulham dan Irfan Bachdim Saat Lawan Vietnam

51

Irfan Bachdim – Pertandingan persahabatan antara Indonesia Vs Vietnam pada Minggu (9/10/2016) di stadion Maguwo. Sempat tertinggal dua gol, Indonesia berhasil mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Pada akhirnya, tak ada pemenang dari pertandingan ini.

berjalan dengan tempo cepat sedari awal. Indonesia, sebagai tuan rumah, langsung melakukan tekanan selepas sepak mula pertandingan.

Meski begitu, justru Vietnam yang mencetak gol lebih dulu. Tim tamu membuat Indonesia terkejut ketika tendangan dari Le Van Thang membobol gawang yang dikawal oleh Andritani Ardhyasa pada menit keempat.

Gol itu sendiri diawali oleh sapuan yang kurang sempurna dari lini pertahanan Indonesia. Bola yang melontar dari dalam kotak penalti Indonesia malah jatuh di kaki Van Thang. Tanpa buang waktu, Van Thang langsung melepaskan sepakan ke pojok atas gawang Indonesia.

Tertinggal 0-1 tidak membuat Indonesia mengendurkan tempo. Dengan dipimpin oleh Boaz Solossa di lini depan, dibantu Irfan Bachdim, Andik Vermansah, dan Zulham Zamrun, Indonesia tampil eksplosif di sepertiga akhir lapangan. ‘Tim Garuda’ acapkali melepaskan umpan langsung ke depan tanpa bertele-tele atau melakukan tusukan dari sayap dengan mengandalkan kecepatan.

Meski begitu, lini pertahanan Indonesia kerap lengah. Vietnam juga mampu memberikan tekanan dengan serangan cepat. Pada menit ke-12, mereka mencetak gol kedua.

Gol tersebut diawali oleh umpan silang Nguyen Trong Hoang dari sisi kiri. Umpan tersebut diterima oleh Vu Minh Tuan, yang tidak terkawal di tiang jauh. Minh Tuan pun menyambarnya dengan sepakan voli dan skor berubah menjadi 2-0.

Gol kedua itu tidak memukul semangat Indonesia. Sebaliknya, Boaz dkk. tetap bermain dengan tempo cepat. Setelah sejumlah peluang gagal dimanfaatkan, Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-25.

Adalah Zulham yang menjadi pencetak golnya. Tendangan bebas kerasnya dari luar kotak penalti terlalu sulit untuk dihentikan kiper Vietnam, Nguyen Tran. Tangannya sempat mengenai bola yang mengarah ke sudut atas, tetapi gagal menghentikan sepakan Zulham.

Gol kedua Indonesia lahir pada menit ke-27. Kali ini, diawali oleh tusukan dari sisi kiri, di mana Andik melepaskan umpan terarah kepada Zulham yang berada di dalam kotak penalti. Bola sodoran Zulham setelahnya diselesaikan oleh Irfan, yang berdiri di dekat tiang gawang Vietnam. Para pemain Vietnam sempat mengira Irfan berada di posisi offside, namun hakim garis mengatakan tidak karena ada pemain Vietnam berdiri sejajar di sisi terjauh lapangan.

Pada menit ke-37, Indonesia kembali mendapatkan peluang. Umpan terukur yang dilepaskan oleh Evan Dimas dari tengah lapangan disambut oleh Boaz di dalam kotak penalti Vietnam. Sial bagi Boaz, sundulannya masih melenceng.

Di babak kedua, Vitenam sempat mendapatkan kans lewat sundulan Dinh Tien Thanh. Pemain Vietnam itu berdiri tidak terkawal di dalam kotak penalti Indonesia sehingga bisa leluasa menanduk umpan hasil sepak pojok. Beruntung buat Indonesia, sundulan Tien Thanh masih melebar.

Pada pertengahan babak kedua, pelatih Indonesia, Alfred Riedl, melakukan sejumlah perubahan. Rizky Pora, Lerby Eliandry, dan Ferdinand Sinaga dimasukkan. Tidak lama setelah dimainkan, Ferdinand dan Rizky mendapatkan kans.

Ferdinand nyaris saja menyambar umpan yang dilepaskan Andik dari kanan, namun kiper kedua Vietnam, Huynh Tuan Linh, menyambar umpan Andik lebih dulu. Kendati pun tangkapannya tak sempurna, Tuan Linh masih bisa mengamankan bola.

Sementara itu, kans Rizky diawali oleh tusukan pemain Barito Putera itu dari sisi kiri. Setelah mengelabui beberapa pemain Vietnam, ia melepaskan sepakan, namun masih bisa ditangkap oleh Tuan Linh.

Menjelang akhir babak kedua, Vietnam balik menekan. Di injury time, mereka mendapatkan kans lantaran salah satu pemain mereka (lagi-lagi) berdiri tidak terkawal di dalam kotak penalti Indonesia. Tetapi, sundulan pemain Vietnam itu berhasil disapu oleh Yanto Basna.

Tidak ada gol tambahan di babak kedua. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Susunan Pemain

Indonesia: Andritani, Benny, Abdul Rachman (Abduh Lestaluhu 46), Yanto Basna, Fachrudin, Dedi (Bayu 46), Evan, Irfan (Ferdinand 76), Andik (Septian 84), Zulham (Rizky 65), Boaz (Lerby 76).

Vietnam: Tran (Tuan Linh 46), Van Hoan, Dinh Luat, Tien Thanh, Ngoc Duc, Minh Tuan, Hoang Thinh, Trong Hoang, Van Quyet (Dinh Tung 71), Than Luong, Van Thang.

Dibawah ini video 2 gol Berkelas Zulham dan Irfan Bachdim.

https://youtu.be/XXkPMu-7DOw

https://youtu.be/TNP-XE2c42c