Waspada 15 Tanda Kanker yang Kerap Diabaikan

80 views

15 Tanda Kanker yang Kerap DiabaikanSapujagat.com - Kanker merupakan penyakit yang boleh dibilang banyak ditakuti oleh semua orang. Sebab, dari berbagai kasus yang ada, beberapa penderitanya berhasil sembuh, namun tak sedikit juga yang ‘dikalahkan’ olehnya.

Baru-baru ini seorang peneliti yang berasal dari University College London, mengatakan bahwa gejala awal kanker sangat mungkin dialami seseorang. Dan bahkan gejala yang dialami sering disebut sebagai penyakit biasa.

dikutip Womenshealthmag, Senin (2/3/2015) berikut ini penjelasan Direktur medis dari Cancer Prevention Center di MD Anderson Cancer Center, Prof. Therese Bevers Bartholomew, MD tentang 10 tanda kanker:

1. Batuk persisten atau suara serak

Kebanyakan batuk mungkin bukan kanker tapi batuk terus menerus hingga jangka waktu berbulan-bulan bisa menjadi kanker paru-paru. "Batuk dalam jangka wakti lama perlu dievaluasi dan dokter harus merekomendasikan X-ray atau CT scan untuk mencegah segala kemungkinan," kata Bartholomew.

2. Susah buang air besar

Ketika buang air besar tidak semudah biasanya, apalagi bila disertai nyeri.  "Waspadai adanya sesuatu yang menghambat transit feses dari usus.

3. Masalah kandung kemih

Jika ada darah dalam urin, mungkin ini tanda infeksi saluran kemih.

4. Nyeri yang tidak bisa dijelaskan

Kebanyakan nyeri bukanlah tanda kanker, tapi rasa sakit yang terjadi terus-menerus harus diperiksa. Jika Anda menderita sakit kepala terus-menerus misalnya, mungkin kanker tidak Anda derita tetapi pasti ada masalah pada otak sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut. Tapi nyeri yang berlangsung lama dan menetap serta terjadi di dada bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Dan rasa sakit persisten di perut Anda bisa jadi kanker ovarium.

5. Perubahan Penampilan

Adanya perubahan tertentu pada kulit atau organ lain yang bisa dilihat secara fisik bisa menjadi indikasi melanoma atau kanker kulit.

6. Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh

Sakit tenggorokan hingga tiga minggu perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sebab menurut Bartholomew, hal semacam itu bisa menjadi tanda kanker.

7. Perdarahan tak terduga

Pendarahan pada vagina bisa menjadi tanda awal kanker serviks, sedangkan perdarahan dari rektum bisa mengindikasikan kanker usus besar.

8. Penurunan berat badan drastis

Jika berat badan turun drastis tanpa diet, bisa jadi ini merupakan indikasi masalah medis yang serius.

9. Adanya benjolan

Meskipun tidak semua benjolan merupakan indikasi medis, namun Bartholomew mengatakan, setiap benjolan bisa jadi merupakan kista jinak tapi mungkin juga tanda awal kanker.

10. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan bisa jadi merupakan tanda kanker leher dan kanker kerongkongan. "Segera periksa ke dokter apabila mengalami kesulitan menelan dalam jangka waktu lama."

11. Kelelahan

Secara umum kelelahan dan tubuh lemah merupakan gejala dari semua jenis kanker bila dipadukan dengan gejala lainnya. Namun, jika Anda mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas dan tidak membaik dengan istirahat banyak sekalipun, maka segeralah temui dokter.

12. Perut menggembung

Wanita yang didiagnosa mengidap kanker ovarium biasanya melaporkan adanya penggembungan pada bagian perut yang tidak diketahui sebabnya, dan hal ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama.

13. Sakit punggung atau punggung bagian kanan bawah.

Banyak pasien kanker mengklaim ini adalah gejala awal dari timbulnya kanker hati. Kanker payudara juga bisa bermula dari sakit punggung, karena adanya tumor pada payudara yang menekan bagian dada ke belakang.

14. Wajah bengkak

Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan timbulnya bengkak atau iritasi pada wajah. Sel tumor paru-paru yang terkecil sekalipun bisa memblokir aliran darah pada bagian dada, mencegah darah mengalir dengan bebas ke bagian wajah dan kepala.

15. Puting susu berubah

Salah satu gejala yang paling diingat oleh penderita kanker payudara adalah bahwa puting susu mereka tampak rata, miring, atau terbalik.

Entah Anda pria atau wanita, adalah hal yang penting untuk mengamati segala perubahan tak wajar yang timbul pada tubuh Anda agar kanker bisa dideteksi lebih dini. Semakin dini Anda mendapati keanehan, maka peluang untuk pencegahan juga makin besar.

Tentu saja, Anda disarankan untuk mengikuti pola hidup anti kanker seperti menjauhi ‘agen-agen’ penyebab kanker itu sendiri, misalnya seperti tembakau, bahan-bahan kimia berbahaya, radiasi, radiasi handphone, kurang gizi, dan lain-lain.