Home / JagatLifestyle / 5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Tips-Ampuh-Menjaga-Kesehatan-Ginjal-sederhana

Semua organ yang terdapat didalam tubuh memiliki perannya masing-masing seperti organ ginjal yang satu ini. Ginjal sangat berperan penting dalam proses pembuangan zat-zat berbahaya melalui urine. Jika proses pembuangan tersebut terhambat maka sangat beresiko anda terkena penyakit batu ginjal yang berakibat anda mengalami kesulitan buang air kecil. Pastinya kita semua tidak ada yang menginginkan hal tersebut terjadi pada diri kita.

Salah satu fungsi ginjal yang lainnya adalah untuk mengontrol kadar asam dan basa didalam tubuh. Kadar asam dan basa harus tetap seimbang dan untuk menyeimbangkan kedua kadar tersebut ginjal akan mengeluarkan asam dan basa melalui urine. Bukan hanya itu, ginjal juga dapat memfilter darah yang mana secara otomatis ginjal akan mengolah zat makanan yang masuk kedalam tubuh menjadi sebuah energi untuk menggerakkan tubuh dan sisa pembakaran tersebut yang berupa limbah akan diubah menjadi urine yang dikeluarkan oleh kantung kemih.

Mengingat betapa pentingnya ginjal seharusnya kita selalu menjaga kondisi seluruh organ tubuh kita termasuk ginjal dengan cara mengatur pola hidup sehat. Makan makanan yang bergizi dan selalu berolahraga merupakan langkah awal yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Namun ada beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, berikut ulasan lengkapnya.

 

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Menghindari Rokok dan Alkohol – Kedua barang ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita bahkan kerap kita konsumsi sehari-hari. Sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk anda tersebut karena jika diteruskan maka tubuh anda menjadi taruhannya. Rokok yang dibahan dasari tembakau jika setiap hari masuk kedalam tubuh maka akan merusak paru-paru dan ginjal.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal – Kelebihan atau kekurangan berat badan tentunya menjadi masalah tersendiri. Selain dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang, tetapi berat badan yang tidak ideal meningkatkan resiko penyakit ginjal terlebih bagi orang yang memiliki berat badan lebih (Obesitas). Pada orang yang memiliki berat badan lebih, ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak didalam tubuh dan hal tersebut dapat memperlemah kinerja dari ginjal.

Rajin Berolahraga dan Mengatur Pola Makan – Dari sekian banyak tips dan cara yang dapat anda lakukan tentunya harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Mengatur pola hidup sehat dengan cara rutin berolahraga dan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat bukan hanya menjaga kesehatan ginjal, tapi seluruh organ yang terdapat didalam tubuh pun akan terjaga kesehatannya. Untuk itu, rajin-rajinlah berolahraga agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Minum Air Putih – Sebenarnya untuk mendapatkan air yang sehat kita tidak memerlukan biaya yang mahal. Air putih memiliki peranan dan manfaat yang sangat bagus terutama untuk menjaga kesehatan ginjal. Minumlah air putih minimal 8gelas setiap harinya maka bukan hanya ginjal saja yang akan terjaga tetapi jantung, paru-paru, hati dan mata pun akan serta merta terjaga. Kurangi minuman yang banyak mengandung alkohol dan minuman kaleng lainnya.

Menghindari Setres – Tekanan batin yang kerap terjadi pada semua orang memang terbilang sepele, namun sebenarnya jika kita terlalu sering mengalami setres dampaknya akan membuat tekanan darah kita meningkat dan peningkatan tekanan tersebut dapat mempengaruhi kinerja ginjal menjadi semakin lemah.

Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan tubuh tidaklah sulit, semua berasal dari diri kita sendiri seberapa besar usaha kita untuk menjaga dan menyayangi tubuh kita sendiri. Jika kita sudah menyadari akan hal tersebut, pastinya segala macam penyakit dapat kita cegah karena pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati hal itu memang benar adanya.

Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terimakasih.

Check Also

Ini 4 Jenis Pekerjaan yang Bisa Pengaruhi Kesuburan Bagi Pria

4 Jenis Pekerjaan ini dapat berpengaruh pada tingkat kesuburan pada pria,Seperti halnya wanita, pria juga …