Home / JagatLifestyle / 6 Kiat Ampuh Berhenti Merokok

6 Kiat Ampuh Berhenti Merokok

KIAT-ampuh-berhenti-merokok

Bagi penggemarnya, merokok mungkin merupakan suatu hal yang menyenangkan. Ada berbagai penyebab mengapa kita suka merokok salah satunya memang sudah kecanduan dengan rokok. Rokok mengandung nikotin yang dapat membuat kita ketergantungan dan tentunya rokok juga sangat membahayakan jantung dan paru-paru kita. Bahkan dalam bungkus rokok telah dihimbau agar kita menghindari rokok, namun sepertinya memang sulit untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Biasanya orang akan berhenti merokok setelah ia divonis mengidap penyakit tertentu, tapi sayangnya itu sudah terlambat. Kita harus menghindari rokok sebelum bahaya rokok mengancam kita. Selain nikotin, ada bahan kimia lain yang terkandung dalam rokok dan sangat berbahaya jika zat tersebut masuk kedalam tubuh kita yaitu Metanol. Metanol atau kayu alkohol ini dapat merusak jantung jika zat tersebut masuk kedalam tubuh. Selain itu ada juga karbon monoksida, dan gas monoksida ini biasa kita temukan pada asap knalpot kendaraan.

Setelah mengetahui bahaya akan rokok, diharap pecinta rokok mulai menyadari dan menyayangi tubuhnya yaitu dengan cara berhenti merokok. Keputusan untuk berhenti merokok merupakan keputusan yang sangat tepat dan kami akan membantu anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut karena pada dasarnya dasar untuk berhenti merokok adalah niat. Jika seseorang sudah memiliki niat untuk berhenti merokok, pastinya akan dengan mudah kita menghindarinya.

Disini kami akan berikan beberapa tips yang terbukti ampuh untuk menghindarkan kita dari kecanduan dan bahaya rokok jika anda menjalaninya.

Cara Ampuh Berhenti Merokok

Niat dan Yakinkan Diri Anda Sendiri – Segala usaha apapun yang anda lakukan jika tidak diawali dengan niat maka hasilnya akan percuma. Sama halnya dengan merokok, untuk berhenti merokok kita harus memiliki niat kan keyakinan untuk berhenti jika niat tersebut sudah bulan maka anda akan bisa melalui dengan mudah hambatan dan godaan yang bisa membuat kita merasa ingin merokok.

Kurangi Secara Berkala – Untuk berhenti secara instan sepertinya akan sulit apalagi bagi para pecandu rokok aktif. Nah, solusi yang dapat anda lakukan yaitu dengan sedikit demi sedikit mengurangi porsi rokok anda setiap harinya. Jika dalam sehari biasanya anda menghisap rokok sampai satu bungkus, kurangi lah hingga setengah bungkus saja. Lakukan dalam beberapa hari hingga kemudian anda kurangi lagi sampai anda benar-benar berhenti merokok.

Hindari Kebiasaan Yang Memancing Anda Untuk Merokok – Sebisa mungkin hindari kegiatan anda yang biasa menyebabkan anda ingin merokok seperti minum kopi, begadang, minuman beralkohol dan hal-hal lain yang memancing anda untuk merokok. Ganti kopi dan alkohol dengan susu karena susu memberikan kesan tidak enak jika didampingi dengan rokok dan ini salah satu cara untuk menghindarkan kita dari rokok.

Sibukkan Diri Setelah Makan – Hal pasti yang biasa para perokok aktif lakukan setelah makan adalah merokok. Nampaknya ini sudah menjadi kegiatan wajib, namun jika anda ingin mencoba untuk berhenti merokok setelah makan anda harus mencari kesibukan apapun itu agar tidak ada waktu anda untuk merokok. Jika cara ini dilakukan dalam beberapa hari atau minggu maka anda akan terbiasa dan jauh dari rokok.

Mengganti Rokok Dengan Yang Lain – Seperti pada saat setelah makan atau hal lain yang menyebabkan anda merokok, gantilah rokok dengan yang lain seperti makan buah-buahan atau permen karet, coklat dll. Awalnya mungkin sedikit sulit tapi jika kita sudah terbiasa melakukan hal tersebut, maka kebiasaan merokok anda akan segera hilang.

Kenali Akan Bahaya Rokok – Dalam bungkus rokok memang sudah dijelaskan tentang bahaya merokok, tetapi masih banyak yang mengabaikan himbauan tersebut. Untuk itu anda perlu memperdalam dalam mengenali bahaya akan rokok. Dengan begitu anda akan sedikit merasa takut dan meninggalkan rokok.

Pada dasarnya untuk berhenti merokok itu berasal dari diri kita sendiri. Usaha apapun jika kita tidak mau meninggalkan rokok pastinya akan sulit. Tetapi setelah membaca artikel ini kami harap anda mau mencoba melakukan hal ini karena pada dasarnya semuanya untuk kebaikan anda sendiri. Sekian dan Terimakasih.

Check Also

Ini 4 Jenis Pekerjaan yang Bisa Pengaruhi Kesuburan Bagi Pria

4 Jenis Pekerjaan ini dapat berpengaruh pada tingkat kesuburan pada pria,Seperti halnya wanita, pria juga …