Daftar Menu Makanan Sehat Diet Diabetes

102 views

h

Daftar menu makanan diet diabetes harus sangat diperhatikan supaya kesehatan penderita diabetes tersebut tetap terjaga. Diet yang dilakukan karena sebuah penyakit, akan membuat makanan yang dikonsumsinya sehari-hari sesuai dengan penyakitnya tersebut. Bagi para penderita diabetes untuk menu makanan diet diabetes harus sangat teliti dalam pemilihan agar nantinya ketika diet berlangsung tidak ada lonjakan kadar gula di dalam darah.
Jenis makanan diet diabetes harus mampu menjaga atau bahkan juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga kadar gula di dalam akan terkontrol oleh makanan diet yang dikonsumsi sehari hari. Karena jika kadar gula di dalam darah tidak terkontrol akan berakibat fatal bagi penderitanya. Selain itu juga dengan melakukan diet ini akan membuat anda terhindar dari penyakit lainnya.
Makanan yang banyak mengandung potassium dan serat akan mendominasi di dalam daftar makanan diet diabetes. Namun keadaan tubuh kita sangat memerlukan adanya asupan karbohidrat, karena dengan adanya karbohidrat tubuh kita akan tersuplai energinya.

Gandum
Sebagai asupan karbohidrat, makanan yang tepat untuk diet diabetes adalah yang terbuat dari bahan utama gandum. Gandum merupakan makanan berkarbohidrat yang juga merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat. Sehingga para medis menyarankan para penderita diabetes untuk menggunakan gandum sebagai makanan utama.

Oatmeal
Selain gandum oatmeal juga masuk ke dalam daftar makanan diet diabetes, karena oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan karhohidrat yang terdapat pada oatmeal tidak akan membuat kadar gula di dalam darah melonjak.
Selain masuk ke dalam daftar makanan diet diabetes oatmeal juga sangat baik untuk penderita jantung, ini dikarenakan serat yang terdapat pada oatmeal mampu mengikat kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa penderita diabetes akan memiliki resiko besar terkena penyakit jantung. Oleh karena itu para dokter sangat menganjurkan para penderita untuk mengonsumsi oatmeal karena selain untuk mengurangi atau mengontrol kadar gula di dalam darah, juga mampu mencegah datangnya penyakit jantung kepada para penderita diabetes.

Beras Merah
Selain gandum dan oatmeal, jenis makanan yang masuk ke dalam daftar makanan diet diabetes adalah beras merah. Sama halnya dengan gandum dan oatmeal beras merah merupakan sumber karbohidrat untuk para penderita diabetes. Karena penderita diabetes dilarang mengonsumsi beras putih yang menjadi sumber suplai energi. Ini akan membuat tubuh kekurangan suplai energi dan tubuh akan lemas. Oleh karena itu beras merah akan menggantikan peran dari beras putih, yaitu menjadi sumber karbohidrat sehingga suplai energi tubuh menjadi lancar.
Kebanyakan orang Indonesia akan memilih beras merah sebagai makanan diet diabetes dari pada gandum dan oatmeal. Ini dikarenakan beras merah itu sendiri memiliki tekstur dan bentuk yang sama dengan beras putih. Hanya memiliki warna yang berbeda dengan beras putih. Sehingga mereka akan lahap dan puas saat makan sama halnya ketika mereka mengonsumsi beras putih.

Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan oleh penderita diabetes saat melakukan diet. Salah satunya memperhatikan makanan diet diabetes sehingga tidak terjadi kesalahan saat melakukan diet. Karena kesalahan saat diet pada penderita diabetes akan sangat bahaya, ini dikarenakan diet tersebut terjadi karena suatu penyakit. Dan dengan diet itu jangan sampai terkena penyakit yang lainnya lagi. Diet ini bertujuan untuk mengobati suatu penyakit, bukan untuk menambah penyakit.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian dan juga bisa membantu mengatasi penyakit diabetes yang sedang anda derita saat ini.

Tags: #Diabetes #Makanan #Sehat