Dampak Pil KB Dapat Timbulkan 3 Hal Merugikan Ini

68 views

Dampak Pil KB Dapat Timbulkan 3 Hal Merugikan

Dampak Pil KB Dapat Timbulkan 3 Hal Merugikan - Ketika dikonsumsi dengan tepat, pil KB dapat mencegah kehamilan hingga lebih dari 99 persen. Artinya dari 1000 wanita yang mengonsumsi pil KB sebagai metode kontrasepsi, kurang dari sepuluh orang yang mengalami kegagalan berupa kehamilan. Namun di balik efektivitas pil KB tersebut, adakah risiko bagi penggunanya?

Penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung bahan kimia untuk mencegah kehamilan pasti memberikan dampak positif dan negatif. Salah satu jenis kontrasepsi yang banyak dipilih oleh kaum wanita Indonesia adalah pil KB. Alasannya, pil KB lebih mudah dan aman serta dianggap paling sedikit risikonya terhadap pemakai.

Namun situs Health Me Up membeberkan 3 risiko atau efek buruk yang bisa didapat oleh pemakai jika menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi, seperti berikut ini:

  • Pil KB dalam beberapa penelitian dapat meningkatkan risiko pengguna terkena kanker payudara, utamanya bagi wanita muda. Namun jika mereka menghentikan pemakaian, maka risiko itu akan menurun.
  • Studi juga menyebutkan bahwa pengguna pil KB berisiko lebih besar dalam mengalami kanker ovarium serta endometrium. Itu terutama jika Anda adalah perokok dan pengidap diabetes.
  • Memakai jenis kontrasepsi minum atau oral disebut berkaitan dengan makin tingginya risiko kanker serviks. Walau demikian, tingginya risiko kanker ini disebut sebut terjadi pada pemakai yang terinfeksi oleh virus HPV dan masih aktiv berhubungan intim.

Hasil studi yang menunjukkan efek negatif dari pemakaian pil KB tersebut, bukan berarti Anda harus langsung menghentikan pemakaiannya. Konsultasi dengan tenaga medis akan lebih baik lagi dilakukan untuk mengurangi segala risiko yang dituliskan di atas.

Demikian Dampak Pil KB Dapat Timbulkan 3 Hal Merugikan semoga informasi yang kami berikan dapat berguna dan bermanfaat bagi pengetahuan anda.