Home / JagatWisata / Genjot Wisata Bahari, Indonesia Siapkan 100 Marina Guna Memudahkan Akses Wisatawan

Genjot Wisata Bahari, Indonesia Siapkan 100 Marina Guna Memudahkan Akses Wisatawan

indonesia bangun 100 marinaSapujagat.com – Demi mencapai target wisatawan yang diharapkan bisa mencapai angka 4 juta wisatawan mancanegara untuk wisata bahari, Kementerian Pariwisata berencana merancang pembangunan infrastruktur untuk menggenjot jumlah wisatawan yang datang.

Untuk menggembangkan wisata bahari, Kementerian Pariwisata akan mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bahari dari yang semula berjumlah 8 kawasan pada tahun 2014 menjadi 25 kawasan per tahun 2019.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun marina dan pelabuhan untuk kapal pesiar untuk memudahkan akses wisatawan menuju destinasi wisata.

“Kami akan membangun 100 marina yang menerima 5000 kapal layar atau yacht,” kata Arief dalam acara Seminar bertajuk Peningkatan Konektivitas Pulau-pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari, di Gedung Kementerian Pariwisata, Selasa (10/3).

Tak hanya membangun marina untuk pelabuhan kapal-kapal kecil atau yacht, pemerintah juga berencana membangun 10 pelabuhan besar untuk kapal cruise. Kami akan bangun 10 port untuk 800 cruise,” ungkap Arief.

Sementara itu, untuk mengembangkan wisata bawah laut, Arief menargetkan akan menembangkan 45 destinasi selam baru dari sebelumnya 25 destinasi, sampai tahun 2019 mendatang.

Perkembangan wisata kapal layar atau yacht di Indonesia sudah berkembang. Untuk itu dibutuhkan infrastruktur yang memadai agar bisa lebih efektif memberikan dampak pada wisata bahari Indonesia. “Wisata layar atau sekarang disebut yacht sudah lebih mudah sejak saya jadi menteri. Dulu sulitnya luar biasa. Sekarang dalam seminggu yacht bisa selalu datang ke Indonesia,” ujarnya.

Check Also

Dubai Kota Eksotis yang Bisa Menjadi Destinasi Terbaik

Dubai menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi unggulan bagi para pengunjung. Ada berbagai tempat …