Sehat Dengan Makan Buah Anggur ?Kenapa Tidak

No comment 84 views

manfaat-anggur-untuk-kesehatan

Manfaat Sehat Dengan Makan Buah Anggur – Seperti yang kita ketahui ada tiga macam jenis anggur yang pertama anggur merah, yang kedua anggur hijau dan yang ketiga anggur hitam. Ketiga jenis anggur ini sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Biasanya orang menggunakan buah ini untuk dijadikan jus atau sup buah yang dipadukan dengan buah-buah lain agar rasanya lebih enak. Bagaimanapun cara penyajiannya, yang jelas buah anggur adalah buah yang memiliki citarasa tinggi dan banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Buah anggur tergolong tanaman yang masuk dalam keluarga vitacae dan tanaman jenis perdu ini sudah ada sejak tahun 4000 masehi diwilayah timur tengah. Meskipun anggur tergolong buah yang sudah lama, tetapi hingga saat ini anggur masih menjadi buah yang paling banyak diminati. Terbukti saat ini harga buah anggur sendiri di Indonesia sudah mencapai sekitar 50ribu perkilonya atau mungkin bahkan lebih. Tentunya ini menunjukan bahwa anggur merupakan buah yang berkelas tinggi.

Dengan banyaknya pecinta buah anggur kerap dilirik oleh para pelaku bisnis untuk membudidayakan buah tersebut. Anggur biasanya tumbuh dimusim kemarau dengan kurun waktu sekitar 4 hingga 7 bulanan. Bisnis ini tentunya sangat menguntungkan karena buah anggur merupakan buah yang banyak diburu masyarakat karena kaya akan kandungan gizi.

Berbicara tentang gizi atau nutrisi, sepertinya buah ini hampir sama dengan buah-buah pada umumnya. Anggur memiliki kandungan vitamin C yang biasa dimiliki buah lain dan beberapa kandungan lain seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, vitamin K, Kalsium, Magnesium, karbohidrat, Serat, Protein, mangan, Potassium dll. Selain itu, anggur juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh.

Lalu apa saja manfaat dari semua kandungan yang dimiliki buah anggur tersebut? Berbicara tentang manfaat, dibawah ini kami telah uraikan beberapa manfaat beserta penjelasan.

 

Manfaat Sehat Dengan Makan Buah Anggur

Memperkuat Sendi Tulang – Buah anggur memiliki kandungan kalsium, magnesium dan zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang. Anda bisa mengkonsumsi buah anggur sebagai pengganti susu jika anda alergi atau tidak suka minum susu. Hal yang kerap terjadi setelah melewati masa menoupause yaitu tulang sendi sering terasa sakit dan hal ini disebabkan karena terjadi penyusutan vitamin dan mineral. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi buah anggur secara rutin.

Menghilangkan Kerutan Di Wajah – Pernahkah anda mendengar terapi anggur? Ya, buah anggur memang kerap digunakan oleh salon-salon kecantikan sebagai bahan untuk terapi wajah terutama untuk mengatasi masalah kerutan. Bukan menggunakan buah anggurnya, tetapi menggunakan minyak yang dihasilkan dari biji anggur dan itu dapat menghilangkan kerutan pada wajah jika kita menggunakannya secara rutin. Minyak dari biji anggur mengandung antioksidan dan asam lemak yang dapat membuat wajah kita terlihat lebih awet muda.

Mencegah Kanker Payudara – Didalam buah anggur terdapat zat kimia yang bernama reservatol. Zat ini berfungsi untuk menghambat perkembangan tumor atau sel kanker terutama pada wanita yang memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker payudara daripada pria.

Mencegah Kerontokan Rambut – Pakar kecantikan telah melakukan penelitiannya dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari buah anggur. Vitamin yang terdapat pada anggur digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerusakan seperti rambut rontok dan bercabang. Kandungan antioksidan yang dimilikinya dapat melancarkan peredaran darah ke kulit kepala dan dapat menguatkan akar rambut. Oleh sebab itu banyak produk perawatan rambut saat ini yang menggunakan ekstrak buah anggur sebagai bahan dasar.

Memutihkan Gigi – Mungkin masih jarang yang mengetahui bahwa anggur dapat memutihkan gigi. Anggur mengandung asam malat yang secara alami mampu menghilangkan noda dan plak yang bersarang pada gigi. Caranya mudah yaitu hanya dengan menggosok-gosokkan buah anggur pada gigi selayaknya anda tengah melakukan gosok gigi.

Buah anggur termasuk dalam kategori buah mahal yang ada di Indonesia. Namun dengan harga yang mahal, sangat sebanding dengan khasiat dan manfaat yang dimilikinya terutama bagi kesehatan. Semoga informasi yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terimakasih.

author
Author: 

    Leave a reply "Sehat Dengan Makan Buah Anggur ?Kenapa Tidak"